Deliviana, Evi (2015) PENINGKATAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK MELALUI LAYANAN KONSELING DALAM MENGHADAPI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN. In: Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling : Profesi BK di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, pp. 108-1011. ISBN 978 979 796 149 7
|
Text
PENINGKATAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK MELALUI LAYANAN KONSELING.pdf Download (690kB) | Preview |
Abstract
Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) membawa peluang dan tantangan baru bagi Indonesia. Peluang dan tantangan tidak hanya terjadi pada sektor ekonomi semata namun juga pada sektor-sektor lainnya termasuk sektor pendidikan. Tanggung jawab yang diemban sektor pendidikan adalah bagaimana membentuk sumber daya manusia yang terampil, berkompeten, serta berdaya saing global. Dalam pelaksanaannya, pendidikan selalu terkait dengan proses belajar mengajar. Keberhasilan peserta didik untuk mengikuti proses belajar dipengaruhi oleh faktor kepribadian, salah satunya adalah self-efficacy yang merupakan keyakinan peserta didik terhadap kemampuan diri untuk menjalankan suatu aktifitas dan mengatasi tantangan guna mencapai tujuan tertentu. Peserta didik yang memiliki self-efficacy tinggi akan memotivasi diri untuk melaksanakan tugas, aktivitas atau tindakan tertentu dan terus berusaha apabila menemui hambatan dalam mencapai tujuan. Gambaran peserta didik tersebut sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan era MEA. Bimbingan dan konseling sebagai layanan yang dapat memfasilitasi perkembangan kepribadian peserta didik diharapkan mampu meningkatkan self-efficacy peserta didiknya
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | EDUCATION > Theory and practice of education > Educational consultants and consulting |
Depositing User: | Mr. Admin Repository |
Date Deposited: | 04 Apr 2019 09:09 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 09:09 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/714 |
Actions (login required)
View Item |