Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di SMA Negeri 1 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau

Opradesman, Opradesman and Tampubolon, Hotner and Sihotang, Hotmaulina (2019) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di SMA Negeri 1 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8 (1). pp. 73-92. ISSN 2301 5594

[img] Text
ImplementasiManajemenBerbasisSekolahDiSMANegeri1TelukKuantan.pdf

Download (628kB)
[img] Text (Peer Review (Bapak Hotner))
PeerReviewImplementasiManajemenBerbasisSekolahDiSMANegeri1TelukKuantan.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/index

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui aspek-aspek pengelolaan sekolah yang terjadi di SMA Negeri 1 Teluk Kuantan dalam penenerapan MBS. Metode penelitian ini deskriptif dengan pendekatan studi kasuskarena fokus penelitian inimenjawab pertanyaan “bagaimana”perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitorig dan evaluasi serta faktor pendukung dan penghambat MBS di SMA Negeri 1 Teluk Kuantan.Dalam penelitian ini studi yang mendalam dilakukan terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri 1 Teluk Kuantan maka peneliti harus melakukan observasi deskriptif dan selanjutnya melakukan analisis data. Konsep dasar Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah terjadinya transfer otoritas atau wewenang dan tanggung jawab dalam pengelolaan sekolah dari pemerintah pusat ke tingkat sekolah. Penelitian ini ingin mengetahui otoritas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh pemerintah, sekolah dan komite sekolah dalam pengelolaan sekolah. Hasil penelitian didapat: (1) Perencanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Negeri 1 Teluk Kuantan meliputi perumusan tujuan, pengambilan keputusan, keterlibatan pihak sekolah. (2) Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Negeri 1 Teluk Kuantan dengan melibatkan kepala sekolah, guru, staff tata usaha, komite sekolah, waka kurikulum dan siswa untuk lebih memperhatikan pendidikan. (3) Monitoring dan Evaluasi untuk mengetahui hasil kerja dan evaluasi guru dan staf dan pemantauan proses pembelajaran (4) Faktor pendukung dan penghambat MBS meliputi otonomi, demokrasi dan pengambilan keputusan, pemberdayaan fasilitas pendidikan, pengembangan kinerja profesional dan partisipasi masyarakat dan orang tua yang tinggi dan faktor penghambat meliputi anak didik, pendidik, sarana prasarana dan partisipasi masyarakat. Kata kunci: Implementasi MBS, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 08 Dec 2021 04:15
Last Modified: 08 Dec 2021 04:15
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/5972

Actions (login required)

View Item View Item