Evaluasi Implementasi Standar Nasional pada Pendidikan Inklusif di Sekolah Menengah Garuda Cendikia

Kurniawati, Ni Komang and Tampubolon, Hotner and Sihotang, Hotmaulina (2019) Evaluasi Implementasi Standar Nasional pada Pendidikan Inklusif di Sekolah Menengah Garuda Cendikia. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8 (2). pp. 132-143. ISSN 2301 5594

[img] Text
EvaluasiImplementasiStandarNasionalpadaPendidikan.pdf

Download (325kB)
[img] Text (Peer_Review (Bapak Hotner))
PeerReviewEvaluasiImplementasiStandarNasional.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/index

Abstract

Penelitian inibertujuan untuk mengevaluasi implementasi penyelenggaraan pendidikan inklusif di Sekolah Menengah Garuda Cendekia, mencakup (1) mendeskripsikan penyelenggaraan pendidikan inklusif sesuai atau tidak dengan delapan standar pendidikan inklusif yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar penilaian, standar kompetensi guru dan tenaga kependidikan, standarsarana prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan,(2) mendeskripsikan berbagai hambatan dalam implementasi pendidikan inklusif, dan (3) solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala saat penyelenggaraan pendidikan inklusif. Penelitian ini merupakan penelitian jenis evaluasi program dengan pendekatan model Discrepancy (kesenjangan). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Garuda Cendekia. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas 1-3, dan guru pembimbing khusus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penyelenggaraan pendidikan inklusif belum sesuai dengan delapan standar pendidikan inklusif, yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar penilaian, standar kompetensi guru dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan, (2) hambatan yang dihadapi adalah jumlah Guru Pembimbing Khusus (GPK) yang tersedia masih kurang dan minimnya pemahaman guru reguler tentang pendidikan inklusif, dan (3) solusi yang dapat dilakukan guna mengatasi kendala tersebut adalah GPK memberikan dampingan konsultatif kepada guru reguler, serta GPK dan guru reguler melakukan kerjasama dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif. Kata kunci : Evaluasi, Implementasi, Standar dan Inklusi

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:16
Last Modified: 09 Mar 2022 05:59
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/5955

Actions (login required)

View Item View Item