Adinugraha, Fajar (2020) Potensi Reresik Sumur Pitu Sebagai Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7 (1). pp. 16-32. ISSN 2477 829X
Text
PotensiReresikSumurPitu.pdf Download (2MB) |
|
Text (Peer Review (Bapak Fajar))
PeerReviewPotensiReresikSumurPitu.pdf Download (533kB) |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk deskripsi Reresik Sumur Pitu Kajian Kearifan Lokal dan Budaya Reresik Sumur Pitu dan Potensi Reresik Sumur Pitu sebagai Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya pada Pelajaran Biologi. Metode penelitian menggunakan kajian literatur dan observasi lapangan di Kelurahan Cangkrep Kidul, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo. Reresik Sumur Pitu merupakan acara untuk mengajak membersihkan sumur (sumber mata air) yang disebut juga Sumur Kemloko. Pembahasan yang dilakukan, meliputi deskripsi Reresik Sumur Pitu, Kajian etnobiologi, Kajian etnopedagogi, dan Implementasinya dalam Pembelajaran Biologi. Kajian secara etnobiologi dan etnopedagogi yang sudah dilakukan menyimpulkan bahwa Reresik Sumur Pitu berpotensi sebagai Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya pada pelajaran Biologi. Topik yang bisa diintegrasikan dengan Reresik Sumur Pitu antara lain Biologi sebagai Ilmu Pengetahuan, Keanekaragaman Hayati, Kingdom Plantae, Kingdom Animalia, Ekosistem dan Isu Lingkungan. Reresik Sumur Pitu berpotensi sebagai sumber belajar karena memuat kompetensi yang disarankan oleh Kurikulum 2013, yaitu kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Selain menambah pengetahuan, pendekatan kearifan lokal dan budaya berpotensi sebagai penumbuh rasa nasionalisme dan bangga akan potensi daerahnya. Kata Kunci: etnobiologi, etnopedagogi, kearifan local, Reresik Sumur Pitu
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr Alexander Jeremia |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 06:23 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 02:49 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/5512 |
Actions (login required)
View Item |