Gunawan, Ronny (2012) PERANAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL BAGI PERKEMBANGAN BINA DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH ABK GOLDEN KIDS FKIP UKI. In: Prosiding(Seminar Nasional, Sabtu 19 Mei 2012 Dalam rangka Dies Natalis ke-32. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus, Kudus, pp. 66-71. ISBN 978 602 99614 6 1
|
Text
scan3-seminarnasional-muriakudus.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Konseling individual adalah sebuah proses bantuan yang diberikan oleh seorang yang memiliki keahlian dalam bidang konseling bagi orang yang membutuhkan untuk menemukan jalan keluar atas permasalahannya dan mengembangkan dirinya baik dalam bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik secara tatap muka individu konselor atau guru BK dengan konseli. Namun keahlian yang dimiliki oleh seorang konselor atau guru BK tersebut merupakan keahlian standar dalam bidang konseling, tetapi bagaimana seorang guru BK yang mendapatkan peserta didik berkebutuhan khusus, seperti autis, ADIID, ADD, down syndrown, asperger, dan sebagainya, sehingga peserta didik berkebutuhan khusus tersebut mengalami perkembangan dalam kepribadian dan karakternya. Perkembangan bina diri merupakan salah satu indikator dari perkembangan karakter. Seorang anak berkebutuhan khusus adalah pribadi yang berharga sama seperti anak normal lainnya. Anak berkebutuhan khusus bukan hanya memerlukan terapi melainkan juga memerlukan pendidikan untuk menumbuhkan kembangkan potensi yang ada di dalam dirinya. Oleh sebab itu guru Bimbingan dan Konseling juga perlu menguasai konseling individual dalam menumbuh kembangkan karakter anak berkebutuhan khususnya bina diri anak, seperti sopan santun dalam berucap kata, memakai pakaian, dan menerima serta memberi dengan tangan kanan. Dalam karya tulis ini penulis merupakan penelitian studi kasus pada anak berkebutuhan khusus dengan indikator autism. Batasan penulisan terletak pada konseling individual dan perkembangan bina diri anak. Adapun metodologi dalam penelitian untuk karya tulis ini adalah metode penelitian tindakan kelas terhadap 2 (dua) anak berkebutuhan khusus dengan indikator autis, dengan tindakan selama dua bulan atau 12 kali tindakan konseling individual, dimana setiap tindakan peneliti mencatat perkembangan bina diri anak tersebut melalui buku laporan perkembangan anak. Penelitian ini dilakukan di Pusat bimbingan belajar Golden Kids FKIP UKI dengan sampel 3 anak berkebutuhan khusus dengan indikator autis.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | EDUCATION > Special aspects of education > Education of special classes of persons > Exceptional children and youth. Special education > Children and youth with di sabilities. Learning disabled children and youth |
Depositing User: | Mr. Admin Repository |
Date Deposited: | 25 Oct 2018 10:20 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 10:20 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/367 |
Actions (login required)
View Item |