PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN GEOMETRIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD

Lexbin, Marchasan and Natalia, Stevi (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN GEOMETRIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD. Jurnal Dinamika Pendidikan, 7 (1). pp. 27-39. ISSN 1410 4695

[img]
Preview
Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN GEOMETRIS SISWA SMP.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://repo.uki.ac.id

Abstract

Permasalahan adalah rendahnya kemampuan pemahaman level tinggi, yang menjadi kendala pada pencapaian kemampuan matematis tingkat tinggi. Pengembangan proses pembelajaran dari paradigma mengajar menjadi belajar atau pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, menjadi acuan guru dalam membelajarkan siswanya. Penelitian quasi ekspriment dengan desain kelompok pretes postes kemampuan pemahaman geometris bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa. Populasi siswa kelas VII SMP Negeri Ciranjang, sekolah di daerah tahun ajaran 2011/2012. Diambil tiga kelas, kemudian masing-masing diberi perlakuan Pendekatan Matematika Realistik (PMR), PMR Berbantuan software geometer’s sketchpad (GSP), cara biasa. Instrumen yang digunakan tes kemampuan pemahaman geometri. Hasil utama adalah peningkatan kemampuan pemahaman geometris tingkat tinggi dicapai siswa hingga level tinggi oleh siswa kelas PMR/PMR berbantuan GSP dan sedang, sementara siswa kelas kontrol level rendah. Kesulitan siswa pada permasalahan yang menuntut kemampuan kompleks seperti menjelaskan konsep dan fakta matematis, membuat koneksi logis/mengenali koneksi, mengidentifikasi prinsip-prinsip matematika untuk menetapkan strategi, dan melaksanakan strategi.

Item Type: Article
Subjects: SCIENCE > Mathematics > Geometry. Trigonometry. Topology
Depositing User: Mr. Admin Repository
Date Deposited: 25 Oct 2018 08:27
Last Modified: 25 Oct 2018 08:27
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item View Item