Simanjuntak, Familia Novita (2017) PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10 (2). pp. 169-195. ISSN 2620 3952
Text
JDPPendidikanuntukPembangunanBerkelanjutan.pdf Download (829kB) |
|
Text (Peer_Review)
Reviewpendidikanuntukpembangunanberkelanjutan.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembangunan berkelanjutan berupaya untuk mengkaitkan tiga sistem yang rumit yaitu sistem ekonomi dunia, sistem sosial dunia dan lingkungan fisik bumi. Sachs (2015) menyatakan bahwa pembangunan berkelanjutan menjadi cara para pakar untuk memahami dunia dan sebuah metode untuk menyelesaikan permasalahan dunia yang berawal dari sesaknya bumi akibat pertumbuhan penduduk dunia yang sudah mencapai sembilan kali lebih banyak dari populasi manusia yang hidup pada jaman dimulainya revolusi industri. Pendidikan adalah salah satu komponen yang penting dalam proses pembangunan berkelanjutan terutama pembangunan yang terkait manusia (sosial). Pembangunan manusia menjadi bagian vital dari investasi yang dibutuhkan dalam pembangunan ekonomi karena merupakan jalur investasi yang disiapkan untuk anak-anak sebagai generasi penerus yang akan melanjutkan perbaikan ekonomi baik secara individu bagi keluarganya maupun secara berkelompok bagi komunitasnya (termasuk kepentingan pembangunan di Negaranya). Penelitian Marshall, Hine and East (2017) menyatakan bahwa pendidikan dapat membentuk dorongan dari dalam setiap individu untuk melakukan perilaku pro lingkungan hidup (pro-environmental behaviours). Dorongan dari dalam individu ini secara otonomi membentuk watak dan karakter yang ramah lingkungan untuk membuat keputusan dan bertindak yang melindungi dan menjaga keberlanjutan lingkungan hidup
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr. Admin Repository |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 07:25 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 01:45 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3213 |
Actions (login required)
View Item |