Hubungan Budaya Disiplin dan Motivasi dengan Perilaku Bela-Jarsiswa Kelas V Di Sekolah Victory Plus Kota Bekasi

Esterlita, and Tampubolon, Hotner (2013) Hubungan Budaya Disiplin dan Motivasi dengan Perilaku Bela-Jarsiswa Kelas V Di Sekolah Victory Plus Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2 (2). pp. 63-76. ISSN 2301 5594

[img] Text
HUBUNGANBUDAYADISIPLINDANMOTIVASIDENGANPERILAKUBELAJARSISWA.pdf

Download (124kB)
[img] Text (Peer_Review)
PeerReviewHubunganBudayaDisiplin.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/index

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan budaya disiplin dengan perilaku belajar, hubungan motivasi dengan perilaku belajar, dan hubungan budaya disiplin dan motivasi dengan perilaku belajar siswa. Budaya disiplin merupakan salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan perilaku belajar siswa di sekolah. Hal ini dapat dilihat melalui sikap siswa dalam mematuhi peraturan di sekolah. Begitu juga faktor motivasi belajar siswa. Siswa dapat menunjukkannya melalui sikap belajar yang tinggi di sekolah. Akan tetapi budaya disiplin dan motivasi belajar siswa di Sekolah Victory Plus masih terlihat rendah. Metode penelitian adalah metode penelitian korelasional (correlationalresearch) dan metode penelitian survei, sehingga dapat melihat hubungan antaravariabel bebas terhadap variabel terikat. Variabel bebas yang diteliti oleh penulis adalah perilaku belajar dan variabel terikat yang diteliti adalah budaya disiplin dan motivasi belajar siswa. Penulis memberikan kuesioner atas variabel budaya disiplin, motivasi, dan perilaku belajar kepada siswa kelas VI sebagai sampel ujicoba dan siswa kelas V sebagai sampel penelitian. Uji validitas yang dilakukan penulis adalah dengan mengkorelasikan masing-masing pernyataan dengan jumlah skor untuk masing-masing variabel. Teknik korelasi yang digunakan adalah teknik korelasi pearson. Sedangkan untuk menguji reliabilitas digunakan uji konsistensi internal dengan menggunakan rumus Alpha Cronbac. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara budaya disiplin dengan perilaku belajar siswa, motivasi dengan perilaku belajar siswa, dan budaya disiplin dan motivasi dengan perilaku belajar siswa kelas V. Berdasarkan penelitian ini, maka budaya disiplin dan motivasi siswa kelas V di Sekolah Victory Plus perlu ditingkatkan sehingga perilaku belajar siswapun meningkat. Kata Kunci: Budaya disiplin, motivasi, perilaku belajar.

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 12 Oct 2020 08:32
Last Modified: 29 Nov 2021 10:01
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/2669

Actions (login required)

View Item View Item