Purba, Leony Sanga Lamsari (2019) PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI PEMANFAATAN EVALUASI PEMBELAJARAN QUIZIZZ PADA MATA KULIAH KIMIA FISIKA I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12 (1). pp. 29-39. ISSN 2620 3952
Text
PENINGKATANKONSENTRASIBELAJARMAHASISWA.pdf.pdf Download (879kB) |
|
Text (Reviewer)
ReviewPENINGKATANKONSENTRASIBELAJARMAHASISWA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif untuk mengetahui peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah Kimia Fisika I. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP-UKI, dengan sampling mahasiswa Semester 3 tahun ajaran 2018/2019. Angket yang digunakan sebagai instrument dalam penelitian di validasi oleh dua orang validator yang ahli dibidang evaluasi pembelajaran. Hasil analisis data yang diperoleh dari pre-test dan post-test menunjukkan terjadi peningkatan pada konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah Kimia Fisika I sebesar 0,45, dengan interpretasi peningkatan sedang. Dari lima indikator konsentrasi belajar, indikator ketelitian mengalami peningkatan tertinggi yaitu sebesar 0,53 dan indikator pemahaman mengalami peningkatan paling rendah yaitu 0,36. Berdasarkan wawancara mendalam terhadap mahasiswa yang digunakan sebagai sampling, ketelitian meningkat akibat adanya batasan waktu dan ketakutan mahasiswa terhadap respon jawaban yang diinput mahasiswa pada quizizz. Evaluasi pembelajaran dengan menggunakan quizizz membantu meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik. Penggunaan quizizz dapat dilakukan oleh dosen pengampu matakuliah lain, guru dan mahasiswa yang akan melaksanakan PKM untuk mendukung revolusi industri 4.0.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | SCIENCE > Chemistry |
Depositing User: | Mr. Admin Repository |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 08:14 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 05:35 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/2628 |
Actions (login required)
View Item |