Fitriani, Fitriani (2025) TANGGUNG JAWAB STUDI SEBAGAI MAHASISWA DI ASRAMA YAP THIAM HIEN UKI. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
![]() |
Text (Hal_Judul_Daftar_isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel_Daftar_lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarisiDaftarGambarDaftarTabelDaftarlampiranAbstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (786kB) |
![]() |
Text (BAB_I)
BABI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (388kB) |
![]() |
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (419kB) |
![]() |
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (412kB) |
![]() |
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (586kB) |
![]() |
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (250kB) |
![]() |
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (487kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Tanggung jawab adalah suatu konsep yang merujuk pada kewajiban atau komitmen seseorang untuk melakukan atau menyelesaikan sesuatu, serta menerima konsekuensi dari tindakan atau keputusan yang diambil. Tanggung jawab merupakan elemen mendasar dalam pembentukan karakter individu, terutama bagi mahasiswa yang sedang berada pada fase transisi menuju kedewasaan. Sikap ini mencerminkan kemampuan seseorang untuk menyadari, menerima, dan melaksanakan kewajiban baik dalam ranah akademik maupun sosial. Dalam konteks mahasiswa asrama, tanggung jawab tidak hanya terbatas pada pencapaian akademik, tetapi juga mencakup keterlibatan aktif dalam kehidupan komunitas serta kemampuan mengelola waktu secara efektif. Penelitian ini menjadi penting dilakukan karena tanggung jawab merupakan indikator integritas dan kemandirian yang sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mendalam mengenai bentuk tanggung jawab studi mahasiswa di Asrama Yap Thiam Hien UKI, yang mencakup tanggung jawab terhadap tugas akademik, kehidupan berasrama, dan manajemen waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, melibatkan sembilan partisipan yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sebagian mahasiswa telah memiliki kesadaran terhadap pentingnya tanggung jawab, implementasinya masih belum merata. Ditemukan bahwa beberapa mahasiswa masih kurang menunjukkan inisiatif dalam belajar, seperti sering terlambat ke kampus, kurang aktif dalam kegiatan asrama, dan belum mampu mengatur waktu secara konsisten. Temuan ini menegaskan bahwa masih terdapat kebutuhan mendesak untuk melakukan pembinaan karakter, terutama dalam hal kemandirian, disiplin, dan kepedulian sosial. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami dinamika tanggung jawab mahasiswa asrama sebagai bagian dari pengembangan pribadi dan kesiapan mereka menghadapi kehidupan akademik dan sosial secara berimbang. Responsibility is a concept that refers to a person's obligation or commitment to do or complete something, as well as accepting the consequences of their actions or decisions. Responsibility is a fundamental element in the development of individual character, especially for students transitioning to adulthood. This attitude reflects a person's ability to recognize, accept, and carry out obligations in both academic and social spheres. In the context of dormitory students, responsibility extends beyond academic achievement to active involvement in community life and the ability to manage time effectively. This research is important because responsibility is an indicator of integrity and independence, which are essential in higher education. The purpose of this study was to obtain an in-depth overview of the forms of responsibility experienced by students at the Yap Thiam Hien Dormitory in UKI, including responsibility for academic assignments, dorm life, and time management.This study used a qualitative approach with a phenomenological method, involving nine participants selected based on specific criteria. Data collection techniques included in-depth interviews, observation, and documentation. The results showed that although some students were aware of the importance of responsibility, its implementation was still uneven. It was found that some students still lack initiative in their studies, such as frequently arriving late to campus, being less active in dormitory activities, and being unable to manage their time consistently. These findings emphasize the urgent need for character development, particularly in areas of independence, discipline, and social awareness. This research provides an important contribution to understanding the dynamics of student responsibility as part of their personal development and readiness to face academic and social life in a balanced manner.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | EDUCATION | ||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling | ||||||||||||
Depositing User: | Ms Fitriani Fitriani | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2025 06:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2025 06:36 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/20326 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |