Meningkatkan Efikasi Diri Kepuasan Belajar dan Kemampuan Analisis Melalui Pembelajaran Andragogi Berprogram

Manullang, Bitman and Nio, Tan Hian (2021) Meningkatkan Efikasi Diri Kepuasan Belajar dan Kemampuan Analisis Melalui Pembelajaran Andragogi Berprogram. PRISMA. pp. 87-94. ISSN 2613-9189

[img] Text
MeningkatkanEfikasiDiriKepuasanBelajar.pdf

Download (346kB)
Official URL: https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/index

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan pengaruh pembelajaran andragogi berprogram guna meningkatkan: efikasi diri, kepuasan proses pembelajaran dan kemampuan analisis mahasiswa. Penelitian ekperimen kuasi dilaksanakan di program studi pendidikan matematika tahun 2019 pada mata kuliah analisis real. Data diperoleh dari tes dan angket yang telah divalidasi danrealiabilitasnya baik, kemudian dianalisis menggunakan normalitas gain, size effect Cohen’s D, dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peningkatan efikasi diri dan kepuasan proses pembelajaranberpengaruh signifikan secara statistik pada peningkatan dan pencapaian kemampuan analisis, (2) Efikasi diri dan kepuasan proses pembelajaran memberikan kontribusi variasi peningkatan kemampuan analisis sebesar 51,1 persen, (3) Efikasi diri lebih dominan pengaruhnya dibandingkan kepuasan pada proses belajar untuk peningkatan dan pencapaian kemampuan analisis. Simpulannya pembelajaran andragogi berprogram efektif digunakan untuk meningkatkan efikasi diri, proses pembelajaran, dan kemampuan analisis mahasiswa yang diteliti. Kata kunci:Andragogi berprogram, efikasi diri, kepuasan belajar, kemampuan analisis.

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr. Admin Repository
Date Deposited: 30 Jun 2025 01:50
Last Modified: 30 Jun 2025 01:51
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/19372

Actions (login required)

View Item View Item