Rubianto, Anton (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN ASURANSI KESEHATAN KORPORASI BERBASIS MANAJEMEN RISIKO (Studi Kasus pada Pialang Asuransi PT BPA). S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
![]() |
Text (HalJudulAbstrakDaftarisiDaftarGambarDaftarTabelDaftarlampiran)
HalJudulAbstrakDaftarisiDaftarGambarDaftarTabelDaftarlampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
![]() |
Text (BABI)
BABI.pdf.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (BABII)
BABII.pdf.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (BABIII)
BABIII.pdf.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (BABIV)
BABIV.pdf.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (BABV)
BABV.pdf.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (525kB) |
![]() |
Text (DaftarPustaka)
DaftarPustaka.pdf.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (358kB) |
Abstract
Penelitian ini mengangkat masalah utama tidak tercapainya target penjualan asuransi kesehatan korporasi di PT BPA. Ruang lingkup penelitian difokuskan pada perusahaan broker asuransi kesehatan korporasi di Indonesia dalam hal strategi pemasaran asuransi kesehatan korporasi dengan data tahun 2023 sampai dengan bulan Mei 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi PT BPA di pasar pialang asuransi kesehatan korporasi di Indonesia serta menyajikan risiko-risiko (kejadian tidak diinginkan) yang dihadapi dan menetapkan langkah-langkah mitigasinya. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan PT BPA memiliki posisi yang kuat namun masih dapat ditingkatkan untuk dapat bersaing dengan competitor di industry pialang asuransi kesehatan korporasi. Hasil analisis menggunakan SWOT matrix internal dan external factor (IFAS dan EFAS) menunjukkan posisi PT BPA berada di kuadran pertama dimana kondisi ini menguntungkan karena mendukung strategi agresif berorientasi pada pertumbuhan. Selain itu, untuk mengembangkan strategi perusahaan, maka digunakan analisis 5 faktor kompetitif sesuai Porter Five Force. Dari hasil analisis manajemen risiko pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teridentifikasi 10 kejadian tidak diinginkan (KTD) dengan 8 KTD masuk dalam kategori risiko tinggi, 1 KTD kategori medium, dan 1 KTD masuk dalam kategori rendah. Dengan usulan mitigasi yang telah dijabarkan, diharapkan dapat menurunkan dan meminimalisir risiko-risiko tersebut dari kategori risiko tinggi menjadi risiko sedang. Diperlukan evaluasi dan monitoring dari manajemen dalam proses bisnis khususnya proses pemasaran produk asuransi kesehatan korporasi dengan analisis faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman untuk melihat positioning PT BPA dan juga potensi untuk lebih berkembang ditengah persaingan dengan broker asuransi lainnya./This study highlights the major issue of failing to meet PT BPA corporate health insurance sales targets. The study focuses on corporate health insurance broker firms in Indonesia, utilising data from 2023 to May 2024 to examine corporate health insurance marketing methods. This study aims to determine PT BPA's position in the corporate health insurance broker market in Indonesia, explain the risks (unwanted events), and identify mitigation strategies. Qualitative descriptive analysis is employed in this study. According to the research findings, PT BPA has a good position, but it may still develop to compete with competitors in the corporate health insurance brokerage industry. The analysis utilising the SWOT matrix internal and external factors (IFAS and EFAS) shows that PT BPA's position is in the first quadrant, which is beneficial because it enables an aggressive expansion strategy. Additionally, Porter's Five Forces analysis is utilised to establish a firm strategy through the research of five competitive variables. Based on the risk management analysis conducted for this study, ten unpleasant events (KTD) were found, of which eight fell into the high-risk category, one into the medium category, and one into the low category. It is envisaged that these hazards can be minimised and moved from the high-risk group to the medium-risk category with the help of the mitigation proposals that have been laid out. Management must evaluate and oversee business processes, particularly the marketing of corporate health insurance products. This involves analysing opportunities, threats, weaknesses, and strengths to assess PT BPA's positioning and its potential to grow further in the face of competition from other insurance brokers.
Item Type: | Thesis (S2) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | SOCIAL SCIENCES > Personnel management. Employment management SOCIAL SCIENCES > Finance > Finance management. Business finance. Corporation finance SOCIAL SCIENCES > Management |
||||||||||||
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA > Magister Manajemen | ||||||||||||
Depositing User: | Mr Anton Rubianto | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 03:53 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 03:53 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/19331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |