Pengaruh Tanggung-Jawab Sosial, Profitabilitas dan Agresivitas Pajak Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Ebenhaizer, Remalia (2021) Pengaruh Tanggung-Jawab Sosial, Profitabilitas dan Agresivitas Pajak Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarisiDaftarGambarDaftarTabelDaftarlampiranAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (536kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (220kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (650kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (474kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (818kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (231kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (169kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tanggung-jawab sosial, profitabilitas, dan agresivitas pajak memiliki pengaruh terhadap peningkatan ataupun penurunan nilai perusahaan serta memberikan penjelasan mengenai permasalahan sehubungan dengan pengaruhnya terhadap nilai perusahaan. Data yang digunakan bersumber dari data sekunder melalui laporan keuangan yang telah terpublikasi pada Bursa Efek Indonesia melalui laman website Indonesia stock exchange (IDX) untuk periode tiga tahun terakhir yaitu dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2020. Metodologi penelitian yang digunakan oleh penulis adalah dengan teknik analisis kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda atau multiple linear regression dengan memenuhi persyaratan dengan uji asumsi klasik dan melaksanakan uji hipotesis yang digunakan adalah H0: βi = 0 (adanya pengaruh antara CSR dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan serta tidak ada pengaruh agresivitas pajak terhada nilai perusahaan). HA: βi ≠ 0 (tidak ada pengaruh antara CSR dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan serta adanya pengaruh agresivitas pajak terhadap nilai perusahaan). Taraf signifikan yang digunakan 0,05 jika nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis diterima yakni adanya pengaruh CSR dan profitabilitas serta tidak adanya pengaruh agresivitas pajak terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung-jawab sosial (Corporate Social Responsibility), profitabilitas memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan serta agresivitas pajak tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. / This study aims to determine whether social responsibility, profitability, and tax aggressiveness have an effect on increasing or decreasing company value and to provide an explanation of the problems related to their effect on company value. The data used comes from secondary data through financial reports that have been published on the Indonesia Stock Exchange through the Indonesia Stock Exchange (IDX) website for the last three years, namely from 2018 to 2020./The research methodology used by the author is a quantitative analysis technique with a multiple linear regression analysis method by meeting the requirements with the classical assumption test and carrying out the hypothesis test used is H0: βi = 0 (there is an effect between CSR and profitability on company value and there is no effect of tax aggressiveness on company value). HA: βi ≠ 0 (there is no effect between CSR and profitability on company value and there is an effect of tax aggressiveness on company value). The significance level used is 0.05 if the significance value is less than 0.05 then the hypothesis is accepted, namely the influence of CSR and profitability and the absence of influence of tax aggressiveness on company value. The results of this study indicate that social responsibility (Corporate Social Responsibility), profitability have an influence on company value and tax aggressiveness does not affect company value.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMalau, MelindaNIDN324108205melinda.malau@uki.ac.id
Thesis advisorSiagian, JohniNIDN301086104johni.siagian@uki.ac.id
Subjects: SOCIAL SCIENCES
SOCIAL SCIENCES > Management
Divisions: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS > Akuntansi
Depositing User: Users 6122 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2025 10:00
Last Modified: 20 Feb 2025 09:28
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18289

Actions (login required)

View Item View Item