Deliana, Henny (2019) Upaya Peningkatan Kemampuan Toilet Tranning melalui Teknik Modelling di Golden Kids UKI. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (415kB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (322kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (312kB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (332kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (237kB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (205kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (204kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (315kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan anak dalam menggunakan toilet serta mengetahui langkah-langkah apa saja dalam proses toilettrainning.Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Golden Kids UKI, penelitian ini dimulai awal Desember 2018 sampai pertengahan Agustus 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses toilettrainning pada anak meliputi beberapa tahapan, proses toilettrainning dimulai dengan anak mampu mengetahui ketika ingin BAK/BAB, anak mengetahui ingin pergi kemana pada saat ingin BAK/BAB,melihat ekspresi yang ditunjukkan oleh anak saat ingin BAB/BAK, mengenalkan dan membiasakan anak untuk pergi ke toilet dengan mandiri. Beberapa faktor pendukung keberhasilan toilettrainning diantaranya adalah : melakukan jadwal untuk BAB/BAK, tidak menggunakan diapers secara berlebihan, ketersediaan sarana dan prasarana yang baik dalam proses toilettrainning. Toilettrainning merupakan tugas perkembangan apabila pada masa perkembangan anak tidak mendapatkan pengetahuan mengenai toilettrainning dengan baik dan benar maka kemungkinan anak untuk mandiri dalam penggunaan toilet tidak maksimal. Berikut adalah faktor-faktor penghambat toilettrainning kepada anak : Penggunaan diapers kepada anak dimana anak akan terbiasa untuk tidak pergi ke toilet dan hanya mengeluarkan BAK/BAB didalam diapers, faktor penghambat lainnya adalah kurangnya kepekaan orangtua dalam melihat situasi ketika anak ingin mengeluarkan BAK/BAB, kurangnya penjadwalan toilettrainning baik di rumah maupun disekolah.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | EDUCATION | ||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling | ||||||||||||
Depositing User: | Mr Novan Arbi | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Oct 2024 07:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:36 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/17364 |
Actions (login required)
View Item |