Analisis Bauran Pemasaran pada Toko Jamtangan.com Melalui Media Online dan Offline

Alexsando, Eka Saputra (2024) Analisis Bauran Pemasaran pada Toko Jamtangan.com Melalui Media Online dan Offline. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (647kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (565kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (701kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (347kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (351kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (657kB)

Abstract

Masyarakat modern membutuhkan informasi waktu yang diperolehnya dengan mudah melalui jam tangan. Jam tangan saat ini menjadi salah satu barang yang sangat populer dan dicari oleh berbagai kalangan. Jam tangan tidak lagi hanya sebagai penanda waktu, akan tetapi jam tangan dianggap sebagai simbol status dan bagian penting dalam penampilan. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini, Jamtangan.com menawarkan sistem transaksi jual beli jam tangan yang umumnya secara offline, dengan cara datang langsung ke toko kini bisa beralih ke ruang digital (online). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran pemasaran 4P (produk, harga, lokasi, promosi) yang diterapkan oleh Jamtangan.com. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data yang didapatkan oleh hasil wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap karyawan toko Jamtangan.com yang terdiri dari Manajer area Jabodetabek, Supervisor, Sales dan pelanggan Jamtangan.com. Keabsahan data menggunakan Triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran 4P pada toko Jamtangan.com yang meliputi product (produk), price (harga), place (lokasi), promotion (promosi) sudah berjalan dengan baik. Pada product (produk) yang diterapkan pada toko online dan offline yaitu produk yang dijual di toko Jamtangan.com sama dengan official store merek jam tangan terkenal, garansi yang diberikan 100% original, membuktikannya dengan memberikan kartu garansi, manual book, dan box jam tangan, adapun garansi dari toko Jamtangan.com. Price (harga) yang diterapkan pada toko online dan offline yaitu harga yang dijual sangat affordable karna sudah memberikan banyaknya promo, salah satunya melakukan flash sale untuk pembelian melalui online dan potongan harga maupun diskon pembayaran yang bisa dilakukan melalui toko offline ataupun pembelian secara online. Place (lokasi) yang diterapkan pada toko online dan offline yaitu sangat strategis karna terdapat di mall-mall besar salah satunya seperti mall Plaza blok M, AEON, sedangkan untuk pembelian melalui online Jamtangan.com bekerja sama dengan semua marketplace seperti, Tokopedia, Zalora, Bli-bli, Shopee, Tiktok shop, dan Lazada. Promotion (promosi) yang diterapkan pada toko online dan offline yaitu melakukan kolaborasi dengan artis maupun influencer agar masyarakat lebih mengenal Jamtangan.com, dengan melakukan postingan celleb approved untuk online, dan melakukan iklan besar terhadap media sosial dan juga website, adapun melakukan reklame, poster, dan lain sebagainya. Dalam melakukan promosi Jamtangan.com juga melakukan kolaborasi dengan para merek jam tangan di Indonesia seperti Seiko, Garmin, Orient dengan melakukan buka bersama pada bulan Ramadhan. Dalam penerapan bauran pemasaran 4P yang sudah diterapkan dapat dilihat bahwa Jamtangan.com merupakan salah satu perusahaan jam tangan terbesar yang ada diindonesia dengan ini Jamtangan.com mencantumkan bahwa Jamtangan.com the number one watch store in Indonesian. Kata Kunci : Jamtangan.com, Bauran Pemasaran, Triangulasi. / Modern society needs time information which it can obtain easily through watches. Watches are currently one of the items that are very popular and sought after by various groups. Watches are no longer just a marker of time, but watches are considered a status symbol and an important part of your appearance. With the current very rapid development of technology, Jamtangan.com offers a watch buying and selling transaction system which is generally offline, by coming directly to the shop you can now switch to the digital space (online). The purpose of this research is to determine the 4P marketing mix (product, price, location, promotion) implemented by Jamtangan.com. The research method used is descriptive qualitative, with data collection obtained from interviews, observation and documentation of Jamtangan.com store employees consisting of Jabodetabek area managers, Supervisors, Sales and Jamtangan.com customers. Validity of data using Triangulation. The results of the research show that the 4P marketing mix at the Jamtangan.com store which includes product, price, place, promotion has been running well. In the products applied to online and offline stores, namely the products sold at the Jamtangan.com store are the same as the official stores of famous watch brands, the guarantee given is 100% original, prove this by providing a guarantee card, manual book and watch box , as for the guarantee from the Jamtangan.com store. The prices applied to online and offline stores are that the prices sold are very affordable because they provide many promotions, one of which is holding flash sales for online purchases and discounts and payment discounts that can be made through offline stores or online purchases. The place (location) applied to online and offline stores is very strategic because it is found in large malls, one of which is the Plaza Blok M mall, AEON, while for online purchases Jamtangan.com collaborates with all marketplaces such as Tokopedia, Zalora, Bli-bli, Shopee, Tiktok shop, and Lazada. Promotion is applied to online and offline stores, namely collaborating with artists and influencers so that people are more familiar with Jamtangan.com, by posting cellphone approved online, and carrying out large advertisements on social media and websites, as well as advertising and posters. , and so forth. In carrying out promotions, Jamtangan.com also collaborates with watch brands in Indonesia such as Seiko, Garmin, Orient by holding iftar together during the month of Ramadan. In implementing the 4P marketing mix that has been implemented, it can be seen that Jamtangan.com is one of the largest watch companies in Indonesia. Jamtangan.com states that Jamtangan.com is the number one watch store in Indonesia. Keywords: Jamtangan.com, Marketing Mix, Triangulation

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTobing, Melati MedianaNIDN0301067403melati.tobing@uki.ac.id
Subjects: SOCIAL SCIENCES > Commerce
SOCIAL SCIENCES > Commerce > Business
SOCIAL SCIENCES > Commerce > Business > Business communication Including business report writing, business correspondence
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Eka Saputra Alexsando
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:43
Last Modified: 02 Sep 2024 04:43
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/16624

Actions (login required)

View Item View Item