Putriancha, Safiera Aulia (2018) Implementasi Restorative Justice dalam Sistem Peradilan Pidana Anak Ditinjau dari Perspektif Korban Kejahatan. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (381kB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (687kB) |
|
Text (BAB_III)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (684kB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (702kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (193kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (300kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (338kB) |
Abstract
Anak sangat mudah dan terpengaruh oleh situasi di lingkungan maupun pergaulan, sehingga apapun yang ada di lingkungannya itu maka hal tersebut akan dilakukannya. Oleh karena itu anak harus ada didikan dari orang tua agar tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Anak dapat dipengaruhi lingkungan sehingga dapat melakukan kejahatan, yang korbannya juga adalah anak, sehingga masuk ke dalam sistem peradilan pidana. Meskipun telah ada UU No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, tetapi belum sepenuhnya mengatur kepentingan anak sebagai korban kejahatan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif.dan berdasarkan undang-undang yang berlaku. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah dengan menggunakan metode yuridis empiris, metode yuridis yaitu suatu metode penulisan hukum yang berdasarkan pada teori-teori hukum, literatur-literatur dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam masyarakat. Sedangkan metode empiris yaitu suatu metode dengan melakukan observasi atau penelitian secara langsung ke lapangan guna mendapatkan kebenaran yang akurat dalam proses penyempurnaan penulisan skripsi ini. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan tentang bagaimana cara yang tepat dalam menanganai kasus peradilan terhadap anak. Walaupun pihak aparat hukum belum dapat mengatasi masalah peradilan anak dengan baik, karena banyaknya faktor-faktor penghambat dalam hal ini. Dalam diversi dilandasi pada nilai-nilai restorative justice. Namun jika mencermati akibat yang ditimbulkan terhadap anak sebagai korban kejahatan maka penulis menilai putusan kesepakatan yang disepakati oleh kedua belah pihak masih dirasa belum maksimal penerapannya untuk mencapai keadilan serta perlindungan terhadap anak sebagai korban kejahatan. Harus diakui bahwa pelaksanaan Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak juga berpangkal pada kelambanan pemerintah menerbitkan peraturan pelaksanaan terkait undang-undang tersebut. Perlu adanya pengawasan yang lebih ketat terkait pelaksanaan diversi dalam tiap tahapan dari kepolisian, kejaksaan dan pengadilan agar tidak terjadi penyalahgunaan wewenang menyangkut diversi. KATA KUNCI: Hukum peradilan anak, Restorative Justice, Diversi, anak sebagai korban, perlindungan korban.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | LAW | ||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS HUKUM > Ilmu Hukum | ||||||||||||
Depositing User: | Users 5213 not found. | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Sep 2024 07:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Sep 2024 07:24 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/16232 |
Actions (login required)
View Item |