Hubungan antara Pergaulan Teman Sebaya dengan Pembentukan Konsep Diri Siswa Kelas XI di SMK 1 PSKD Jakarta Pusat

Dongoran, Darminto (2017) Hubungan antara Pergaulan Teman Sebaya dengan Pembentukan Konsep Diri Siswa Kelas XI di SMK 1 PSKD Jakarta Pusat. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarisiAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (748kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (171kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (303kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (306kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (293kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (165kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (81kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (330kB)

Abstract

Konsep diri adalah pemikiran, perasaan serta gambaran mengenai diri sendiri yang meliputi karakteristik dan ciri-ciri yang ada pada diri individu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat konsep diri yang dimiliki siswa dalam pergaulan teman sebaya di Sekolah Menengah Kejuruan 1 PSKD Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner mengenai Pergaulan Teman Sebaya dan Pembentukan Konsep Diri dengan jumlah populasi sebanyak 42, sebagai sampel berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pada uji korelasi terdapat hubungan antara pergaulan teman sebaya dengan pembentukan konsep diri sebesar 0,645 (64,5%) yang apabila ditinjau berdasarkan tabel pedoman interpretasi koefisien korelasi menunjukkan korelasi kedua variabel bersifat kuat. (2) Pada uji Regresi, diperoleh hasil regresi sebesar 0,645 atau 64,5% dan apabila ditinjau dari R Square atau Determinasi Variansnya sebesar 0,395 atau 39,5% yang artinya hanya sebesar 39,5% keterhubungan pergaulan teman sebaya dengan pembentukan konsep diri dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. (3) Dari hasil analisis data uji signifikansi diperoleh hasil Anova 0.000 <0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan pembentukan konsep diri. (4) Diperoleh model persamaan regresi yaitu ̂= - 2.596 + 0.946X, artinya adalah apabila siswa memiliki hubungan pergaulan teman sebaya maka sangat kuat hubunganya dengan pembentukan konsep diri. Kata kunci: Pergaulan,teman sebaya, Pembentukan, dan konsep diri. / The concept of self is the thoughts, feelings and images of self that includes characteristics and characteristics that exist in the individual self. This study aims to see the concept of self-owned students in the association of peers in Vocational High School 1 PSKD Central Jakarta. This research uses quantitative approach with descriptive method and sample selection using purposive sampling method. Data collection tools used in the form of questionnaires about Peer Friendship and Self Concept Formation with a population of 42, as a sample of 30 people. Based on the results of research that has been done, the results obtained research as follows: In the correlation test there is a relationship between the association of peers with the formation of self-concept of 0.645 (64.5%) which, when viewed based on table guidance interpretation correlation coefficient shows the correlation of two variables is strong. In Regression test, regression result is obtained 0,645 or 64,5% and when evaluated from R Square or Determination of its Variance equal to 0,395 or 39,5% which means only equal to 39,5% relation of peer association with self concept formation and the rest is influenced by other factors. From the results of data analysis significance test results obtained Anova 0.000 <0.05, which indicates that there is a significant relationship between the association of peers with the formation of selfconcept. (4) The model of regression equation is y = - 2.596 + 0.946X, it means that if the student has peer relationship then very strong relation with the formation of self concept. Keywords: Intercourse, Peer, Establishment, and Self Concept

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIntarti, Esther RelaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorGunawan, RonnyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: EDUCATION
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Mr Andika Prima
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:28
Last Modified: 04 Sep 2024 07:28
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/15971

Actions (login required)

View Item View Item