Dinamika Guru sebagai Tonggak dalam Mewujudkan Pendidikan Berkualitas di Jakarta

Raharjo, Lintang Wahyu Charisa and Mandagie, Mike Natanael Norend and Sembiring, Kezia Viola and Hutabarat, Leonard F. (2024) Dinamika Guru sebagai Tonggak dalam Mewujudkan Pendidikan Berkualitas di Jakarta. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4 (4). pp. 1071-1083. ISSN 2807-4238

[img] Text
DinamikaGuruSebagaiTonggak.pdf

Download (239kB)
Official URL: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/inde...

Abstract

Pendidikan mencakup berbagai bentuk pembelajaran seperti pendidikan dasar, humanistik, teknik, kejuruan, keuangan, sosial, dan IPTEK. Pendidik memainkan peran penting dalam perkembangan individu dan masyarakat. Meski Jakarta bukan lagi ibukota, sebagai kota metropolitan, pendidikan tetap vital. Kekurangan guru di Jakarta mencerminkan kompleksitas sistem pendidikan, termasuk jarangnya komunikasi dekat antara guru dan siswa, kurangnya motivasi positif, serta metode mengajar yang kurang menarik. Keberhasilan pendidikan sangat bergantung pada kualitas guru yang mampu mengajar efektif dan memahami kebutuhan siswa. Pendidikan berkualitas juga menekankan perkembangan sosial, emosional, mental, fisik, dan kognitif siswa, sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) No. 4 yang menekankan pendidikan inklusif dan merata serta kesempatan belajar sepanjang hayat. Sekretariat SDGs Jakarta mengkoordinasikan upaya berbagai pihak untuk mencapai pembangunan berkelanjutan, dengan peran penting dari Pemerintah Provinsi Jakarta dalam menciptakan provinsi yang sejahtera. Kata Kunci: Guru, Pendidikan Berkualitas, Pembangunan Berkelanjutan

Item Type: Article
Subjects: SOCIAL SCIENCES
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 11 Jul 2024 05:35
Last Modified: 11 Jul 2024 05:35
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/15071

Actions (login required)

View Item View Item