Pendampingan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Peningkatan Literasi Digital Orangtua Millenial

Togatorop, Jonson and Rantung, Djoys Anneke and Naibaho, Lamhot and Boiliu, Esti Regina (2024) Pendampingan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Peningkatan Literasi Digital Orangtua Millenial. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 9 (1). pp. 56-67. ISSN 2620-9926

[img] Text
PendampinganPendidikanAgamaKristen.pdf

Download (336kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPendampinganPendidikanAgamaKristen.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://christianeducation.id/e-journal/index.php/...

Abstract

Kemajuan teknologi digital menjadi tantangan dan pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan manusia karena dapat mengubah pola hidup manusia dan memiliki karakteristik yang dapat dimanipulasi. Seiring perkembangan teknologi digital, berkembang juga tindak kejahatan yang terfasilitasi dan dapat merugikan manusia sendiri, serta banyaknya kemunduran dalam pola pikir dan perilaku yang normatif. Teknologi dapat membuat orang menjadi adiktif (kecanduan) dan sulit untuk berubah sehingga diperlukan pendampingan dan bimbingan khusus dan serius. Banyak orang tua yang merupakan generasi milenial yang menggunakan teknologi digital secara tidak terkendali sehingga mereka mengabaikan pentingnya pola asuh yang baik terhadap anak-anaknya. Sebagai akibatnya banyak anak yang mengalami pola asuh yang kurang berkualitas di tengah keluarganya, dan hal itu tentu saja akan berdampak pada masa depannya dan masa depan suatu bangsa. Karena itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan pemikiran tentang pola pendampingan pendidikan agama Kristen terhadap peningkatan literasi digital pada orang tua milenial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Penelitian ini menghasilkan pola pendampingan pendidikan agama Kristen yang CAKAP (Cerdas, Kreatif dan Produktif) terhadap orangtua milenial. Kata kunci: Pendampingan Pendidikan Agama Kristen; Literasi Digital; Orang Tua Milenial. / The advancement of digital technology is a challenge and a very big influence on human life because it can change the pattern of human life and has characteristics that can be manipulated. Along with the development of digital technology, there are also facilitated crimes that can harm humans themselves, as well as many setbacks in normative mindsets and behaviors. Technology can make people addictive (addicted) and difficult to change, so special and serious assistance and guidance is needed. Many parents who are the millennial generation use digital technology uncontrollably so that they ignore the importance of good parenting for their children. As a result, many children experience poor quality parenting in their families, and this of course will have an impact on their future and the future of a nation. Therefore, the purpose of this research is to generate ideas about patterns of Christian religious education assistance to increase digital literacy in millennial parents. The research method us ed is a qualitative method with a literature study approach. This research resulted in a pattern of Christian religious education assistance that is CAKAP (Smart, Creative and Productive) for millennial parents. Keywords: Christian Religious Education Assistance; Digital Literacy; Millennial Parents

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 11 Jun 2024 08:16
Last Modified: 11 Jun 2024 08:16
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/14814

Actions (login required)

View Item View Item