Merajut Keberhasilan Pendidikan: Strategi Cerdas untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Siswa

Lumbantobing, Sarah Gracia and Rantung, Djoys Anneke and Naibaho, Lamhot (2024) Merajut Keberhasilan Pendidikan: Strategi Cerdas untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 7 (1). pp. 8-22. ISSN 2734-2488

[img] Text
MerajutKeberhasilanPendidikanStrategiCerdas.pdf

Download (287kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinMerajutKeberhasilanPendidikanStrategiCerdas.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://edu.ojs.co.id/index.php/jpm/index

Abstract

Strategi merupakan serangkaian tindakan sistematis yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dengan efektif. Strategi pembelajaran adalah suatu perencanaan langkah-langkah secara sistematis yang melibatkan berbagai metode guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Banyak jenis strategi pembelajaran yang ditawarkan dan digunakan saat ini bagi para pendidik, namun dari beberapa teori para ahli secara tidak langusng menyebutkan bahwa terdapat strategi cerdas yang sesuai dengan pendidikan saat ini yaitu Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) merupakan salah satu strategi yang cerdas, yang bertumpu pada aspek proses dan hasil. Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) adalah strategi yang bertumpu kepada pengembangan kemampuan berikir siswa melalui telaah fakta-fakta atau pengalaman anak sebagai bahan untuk memecahkan masalah yang diajukan, dan strategi ini menyandarkan dua sisi sama pentingnya, yaitu sisi proses berpikir dan hasil belajar. Ketika pengajaran dilakukan dengan strategi SPPKB pesan yang disampaikan akan lebih kuat dan memiliki peluang yang besar untuk memenuhi kebutuhan siswa. Peneltian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahwa strategi SPPKB dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil penelitian adalah dengan menggunakan strategi SPPKB dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Strategi Cerdas, Meningkatkan Kemampuan Berpikir, Hasil Belajar Siswa. / Strategy is a series of systematic actions carried out to achieve predetermined goals effectively. A learning strategy is a systematic planning of steps involving various methods to achieve predetermined learning goals. Many types of learning strategies are currently offered and used by educators, but from several theories experts indirectly state that there are smart strategies that are appropriate to current education, namely the Learning Strategy for Improving Thinking Ability (SPPKB) is one of the smart strategies, which relies on aspects of process and results. The Learning Strategy for Improving Thinking Abilities (SPPKB) is a strategy that relies on developing students' thinking abilities through studying facts or children's experiences as material for solving problems that arise, and this strategy relies on two equally important sides, namely the thinking process and learning outcomes. When teaching is carried out using the SPPKB strategy, the message conveyed will be stronger and have a greater opportunity to meet students' needs. This research aims to describe that the SPPKB strategy can improve creative thinking abilities and student learning outcomes. The method used is a qualitative research method with a literature study approach. The results of the research are that using the SPPKB strategy can improve creative thinking abilities and student learning outcomes. Keywords: Smart Strategy, Improving Thinking Ability, Student Learning Results.

Item Type: Article
Depositing User: Mr. Admin Repository
Date Deposited: 11 Jun 2024 07:57
Last Modified: 11 Jun 2024 07:57
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/14808

Actions (login required)

View Item View Item