Perlindungan Hukum terhadap Nasabah dalam Mediasi Perbankan oleh Bank Indonesia dan Fasilitas Penyelesaian Pengaduan oleh Otoritas Jasa Keuangan

SIREGAR, ELSHA DEBORA (2014) Perlindungan Hukum terhadap Nasabah dalam Mediasi Perbankan oleh Bank Indonesia dan Fasilitas Penyelesaian Pengaduan oleh Otoritas Jasa Keuangan. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (497kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (304kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (414kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (417kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (127kB)

Abstract

Perbankan merupakan pokok dari sistem keuangan yang memegang peranan penting bagi kehidupan perekonomian di Indonesia dalam menggerakkan pembangunan. Dalam menjalankan kegiatan usahanya, bank mungkin saja melakukan kesalahan yang mengakibatkan kerugian terhadap nasabah. Akibat dari kerugian tersebut dapat menjadi sengketa antara pihak bank dan nasabah. Nasabah mempunyai posisi yang lebih rendah akibat perjanjian yang telah disepakati antara bank dan nasabah. Perjanjian yang dibuat oleh pihak bank, tentu saja memberikan keuntungan yang lebih banyak di pihak. Nasabah perlu mendapatkan suatu perlindungan hukum supaya hak�haknya dapat terjaga. Penulisan skripsi ini memakai metode penelitian normatif kepustakaan dengan mengumpulkan data secara studi pustaka (library research) yakni mengumpulkan data dan mencari referensi melalui peraturan, internet, dan sumber-sumber lain. Penulis juga melakukan wawancara yang kemudian diseleksi data-data yang layak untuk mendukung penulisan. Dari penulisan skripsi ini maka dapat disimpulkan bahwa perlindungan hukum terhadap nasabah merupakan hal yang penting karena posisi nasabah yang lemah. Perlindungan hukum yang diberikan Bank Indonesia terhadap nasabah atas kerugian yang dialaminya adalah mediasi perbankan. Namun, sejak tahun 2014 tugas tersebut beralih ke Otoritas Jasa Keuangan karena beralihnya tugas pengaturan dan pengawasan dari Bank Indonesia ke Otoritas Jasa Keuangan. Perlindungan hukum terhadap nasabah yang diberikan Otoritas Jasa Keuangan adalah fasilitas penyelesaian sengketa. / Banking is the basis of the financial system that holds important role for economic life in Indonesia drive development. In carrying out its business activities, the bank it is possible to make mistakes that result in losses to customers. The result of these losses can be a dispute between the parties banks and customers. The customer has a lower position as a result agreement that has been agreed between the bank and the customer. The agreement made by the bank, of course provides more profits on the side. Customers need to get legal protection so that their rights can be maintained. Writing this thesis uses normative library research methods by collecting data through library research, namely collect data and look for references through regulations, the internet, and other sources. The author also conducted an interview later appropriate data is selected to support writing. From writing this thesis, it can be concluded that protection The law towards customers is important because of the customer's position the weak. Legal protection provided by Bank Indonesia to customers for losses they experience through banking mediation. However, since 2014 this task has shifted to the Financial Services Authority because transfer of regulatory and supervisory duties from Bank Indonesia to the Authority Financial Services. Legal protection for customers provided by the Authority Financial Services is a dispute resolution facility.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPanjaitan, HulmanNIDN20096802hulman.panjaitan@uki.ac.id
Thesis advisorManurung, DavidNIDNUNSPECIFIED
Subjects: LAW
Divisions: FAKULTAS HUKUM > Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Ero Papa
Date Deposited: 27 May 2024 06:59
Last Modified: 27 May 2024 06:59
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/14667

Actions (login required)

View Item View Item