Melangkah Bersama di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik

Cynthia, Riries Ernie and Sihotang, Hotmaulina (2023) Melangkah Bersama di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (3). pp. 31712-31723. ISSN 2614-3097

[img] Text
MelangkahBersamadieradigital.pdf

Download (257kB)
Official URL: https://jptam.org/index.php/jptam/index

Abstract

Dalam menghadapi tantangan kompleks era digital, studi ini mengeksplorasi peran krusial literasi digital sebagai fondasi utama dalam meningkatkan kemampuan dalam berpikir kritis dan kemampuan dalam memecahkan permasalahan pada peserta didik. Studi ini menjelaskan konsep literasi digital sebagai landasan penting untuk bersatu di era digital. Melalui pendekatan studi literatur, studi ini membahas sejumlah sumber yang mendukung pemahaman mendalam tentang bagaimana literasi digital dapat membentuk landasan kuat bagi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan dalam memecahkan permasalahan yang diperlukan di dunia modern ini. Dengan mengintegrasikan temuan- temuan dari berbagai penelitian, studi ini memberikan wawasan mendalam tentang upaya yang dapat diambil oleh pendidik, orangtua, dan masyarakat untuk memperkuat literasi digital peserta didik, menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung, dan secara efektif melibatkan mereka dalam proses pembelajaran yang membuka ruang bagi perkembangan berkelanjutan di era digital. Kata kunci: Literasi Digital, Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah. / In facing the complex challenges of the digital era, this study explores the crucial role of digital literacy as a primary foundation in enhancing critical thinking skills and problem-solving abilities among students. In order to achieve unity in the digital age, the study clarifies the idea of digital literacy. Through a literature review approach, this study discusses various sources that support a profound understanding of how digital literacy can form a strong foundation for students develop problem-solving abilities required in the modern world. By integrating findings from various research studies, this study provides deep insights into efforts that educators, parents, and communities can undertake to strengthen student’s digital literacy, create a supportive learning environment, and effectively engage them in a learning process that opens space for sustainable development in the digital era. Keywords: Digital Literacy, Critical Thinking, Problem Solving

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 31 Jan 2024 09:02
Last Modified: 31 Jan 2024 09:02
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13649

Actions (login required)

View Item View Item