Tambunsaribu, Gunawan (2022) Pelatihan Pelafalan dan Kosakata Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar Islam Nurul Huda Cipayung Jakarta Timur = English Pronunciation and Vocabulary Training for Nurul Huda Islamic Students, Cipayung East Jakarta. JURNAL ABDI INSANI, 9 (1). pp. 78-91. ISSN 2828-3155
Text
PelatihanPelafalandanKosakataBahasaInggris.pdf Download (1MB) |
|
Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPelatihanPelafalandanKosakataBahasaInggris.pdf Download (3MB) |
|
Text (Korespondensi)
KorespondensiPelatihanPelafalandanKosakataBahasaInggris.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris adalah suatu hal yang sangat penting pada era masa kini. Untuk itu, kemampuan dalam hal ini perlu untuk diasah sejak dini, baik dari level sekolah taman kanak-kanak (TK) maupun sekolah dasar (SD). Sekolah Dasar Islam (SDI) Nurul Huda Jakarta Timur, merupakan salah satu sekolah yang menyadari hal tersebut. Dalam hal ini, SDI Nurul Huda merupakan mitra yang bekerjasama degan tim pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarkaat (PKM) untuk melakukan sebuah kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris kepada para siswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi keterbatasan para siswa dalam memahami pelafalan atau pengucapan kosakata bahasa Inggris dalam ilmu berbicara (speaking). Metode kegiatan PKM ini adalah berbentuk pelatihan pelafalan bahasa Ingris dalam bentuk ceramah, praktik percakapan langsung, tanya jawab, dan diskusi. Setelah pelaksanaan PkM selesai, penulis menilai dua hal utama yakni ketepatan materi bagi peserta dan keberhasilan pelaksanaan pelatihan. Dari hasil survey yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa materi pelatihan mengenai pelafalan dan kosakata bahasa Inggris mampu meningkatkan kemampuan mereka untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Dari sisi penguasaan dan sikap pelatih, para peserta PkM memberikan respon positif yang menyatakan bahwa sikap pelatih ramah dan sopan selama memberikan pelatihan. Para pelatih juga sangat menguasai materi saat memberikan pelatihan kepada para siswa. Penulis berharap, pelatihan PkM dengan materi seperti ini dapat terus diberikan kepada siswa-siswi sekolah dasar di kemudian hari. Kata Kunci : Literasi Komunikasi, Pelatihan Pelafalan, Kosakata, Bahasa Inggris. / The ability to communicate in English is very important in today's era. For this reason, abilities in this matter need to be honed from an early age, both from the kindergarten (TK) and elementary school (SD) levels. The Islamic Elementary School (SDI) Nurul Huda, East Jakarta, is one of the schools that is aware of this. In this case, SDI Nurul Huda is a partner who collaborates with the community service activity implementation team (PKM) to carry out an English language extracurricular activity for students. This community service activity aims to overcome the limitations of students in understanding the pronunciation or pronunciation of English vocabulary in speaking. The method of this PKM activity is in the form of English pronunciation training in the form of lectures, direct conversation practices, questions and answers, and discussions. After the PkM implementation was completed, the authors assessed two main things, namely the accuracy of the material for the participants and the success of the training implementation. From the survey results, it can be concluded that the training materials on English pronunciation and vocabulary can improve their ability to communicate in English. In terms of mastery and attitude of the trainer, the PkM participants gave a positive response stating that the trainer's attitude was friendly and polite during the training. The trainers are also very well versed in the material when providing training to the students. The author hopes that PkM training with materials like this can continue to be given to elementary school students in the future. Key word : Communication Literacy, Pronunciation Training, Vocabulary, English
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 02:26 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 02:26 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13544 |
Actions (login required)
View Item |