Tampubolon, Puja Devi Sri Raso and Rantung, Djoys Anneke and Naibaho, Lamhot (2023) Kajian Pentingnya Belajar Mengevaluasi Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Plus Sedayu Nusantara Menggunakan Model Evaluasi CIPP. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10 (2). pp. 582-599. ISSN 2655-3392
Text
KajianPentingnyaBelajarMengevaluasiPelaksanaan.pdf Download (429kB) |
|
Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinKajianPentingnyaBelajarMengevaluasiPelaksanaan.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan evaluasi pelaksanaan pendidikan agama Kristen di sekolah adalah untuk mengetahui sejauh mana RPP telah dilaksanakan. Dengan tidak adanya kegiatan evaluasi pembelajaran di sekolah, guru tidak akan menyadari kekurangan atau bahkan masalah yang timbul dari upaya belajar mengajar mereka. Masalah-masalah tersebut, seperti kurangnya buku teks dan alat bantu pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran, dapat menghalangi siswa untuk memahami materi yang disampaikan oleh pengajar. Untuk mencapai hal ini, guru harus memperoleh keterampilan evaluasi, yang mensyaratkan bahwa dia mengembangkan kapasitasnya untuk melakukan tugas evaluasi. Dan ini sangat membantu untuk mengidentifikasi kesenjangan dalam pelaksanaan pembelajaran oleh guru. Model evaluasi CIPP merupakan model evaluasi yang harus dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengajak guru PAK meningkatkan kemampuannya dalam mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran dan mengenalkan mereka pada paradigma evaluasi CIPP. Hal ini disebabkan oleh minimnya kegiatan evaluasi pembelajaran, termasuk PAK, yang dilakukan oleh guru di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan berbasis literatur. Temuan penelitian ini meliputi penjelasan tentang ruang lingkup evaluasi pembelajaran secara umum, model evaluasi CIPP, relevansi penilaian PAK oleh instruktur menurut Alkitab, dan pertimbangan yang harus dilakukan guru PAK saat menggunakan model CIPP untuk melakukan evaluasi. Kata Kunci: CIPP, evaluasi, pembelajaran agama Kristen. / The goal of evaluating the implementation of Christian religious education in schools is to determine the extent to which lesson plans have been implemented. In the absence of learning evaluation activities in schools, teachers will be unaware of deficiencies or even issues arising from their teaching and learning endeavors. These issues, such as the lack of textbooks and instructional aids in learning activities, may prevent students from comprehending the material delivered by the instructor. In order to accomplish this, the teacher must acquire evaluation skills, which entails that he develops his capacity to conduct evaluation tasks. And this is really helpful for identifying gaps in the implementation of learning by the teacher. The CIPP evaluation model is the evaluation model that should be learned. This study aims to persuade PAK teachers to enhance their abilities to evaluate the implementation of learning and to introduce them to the CIPP evaluation paradigm. This is a result of the lack of learning evaluation activities, including PAK, conducted by teachers in schools. The method of research employed is qualitative and literature-based. This study's findings include an explanation of the scope of learning evaluation in general, the CIPP evaluation model, the relevance of evaluating PAK by instructors according to the Bible, and the considerations PAK teachers must make while utilizing the CIPP model to conduct evaluations. Keywords: CIPP, evaluation, learning of Christianity
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 02:25 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 02:25 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13429 |
Actions (login required)
View Item |