Analisa Ketahanan Baterai Lithium Ion pada Sepeda Listrik Roda Tiga

Lestari, Dewi (2023) Analisa Ketahanan Baterai Lithium Ion pada Sepeda Listrik Roda Tiga. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Singkatan_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarSingkatanDaftarLampiranAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (689kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (104kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (437kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (26kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (657kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (23kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (25kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (82kB)

Abstract

Baterai lithium-ion (Li-Ion) adalah jenis baterai yang bisa diisi ulang untuk menyimpan dan menghantarkan energi secara elektrokimia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketahanan baterai lithium-ion pada sepeda listrik roda tiga. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Ketahanan baterai lithium-ion pada sepeda listrik selama pemakaian (discharge) bervariasi tergantung pada intensitas penggunaan. Pemakaian tanpa beban cenderung lebih tahan lama, sementara penggunaan dengan beban berat mengurangi masa tahan baterai. Terlihat pada hasil presentase pemakaian awal tegangan baterai lithium ion 64,1 v kemudian setelah 5 menit pemakaian mengalami penurunan baterai menjadi 62,8 v begitu seterusnya dengan efisiensi waktu yang bevariasi. Sedangkan pada pemakaian awal baterai dengan pembebanan 42 kg dengan tegangan baterai 64,1 v, kemudian selama pemakaian 5 menit mengalami penurunan baterai menjadi 51,3 v, Pembebanan 53 kg dengan tegangan baterai 64 v selama pemakaian 5 menit baterai mengalami penurunan menjadi 53 v dan pembebanan 56 kg baterai mempunyai tegangan 64,4 v selama 5 menit mengalami penurunan menjadi 54,9 v begitu seterusnya dengan efisiensi waktu yang bevariasi. Faktor ini perlu dipertimbangkan untuk menjaga performa dan umur baterai dan kapasitas baterai lithium-ion pada sepeda listrik roda tiga dapat mengalami perubahan selama siklus pengisian ulang. Pada awalnya, setelah pengisian penuh, kapasitas baterai akan maksimal. Namun, setiap kali baterai diisi ulang dan digunakan, terjadi perubahan kimia dalam sel baterai yang dapat mengakibatkan penurunan kapasitas seiring berjalannya waktu dan jumlah siklus pengisian ulang. Kata kunci: Baterai Lithium ion, Ketahanan baterai dan Karakteristik baterai. / A lithium-ion battery is a type of rechargeable battery to store and transmit energy electrochemically. The purpose of this research is to find out the durability of lithium-ion batteries on three-wheeled electric bikes. Research methods used using quantitative descriptive methods. The durability of the lithium-ion battery on an electric bike during use (discharge) varies depending on the intensity of use. Loadless use tends to last longer, while heavy use reduces battery life. The first use of a lithium-ion battery with a voltage of 64.1 V, then after 5 minutes of use the battery decreased to 62.8 V and so on with a variable time efficiency. This factor needs to be taken into account to maintain the performance and battery life and the capacity of the lithium-ion battery on a three-wheel electric bike may change during the recharge cycle. Initially, after full charging, the battery capacity will be maximum. However, every time a battery is recharged and used, there are chemical changes in the battery cell that can result in a decrease in capacity over time and the number of recharging cycles. Keywords: lithium ion battery, battery life and battery characteristics

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusilo, SusiloNIDN0315057902suswilwatikta@gmail.com
Thesis advisorWidodo, BambangNIDN0330115901bambang.widodo@ac.id
Additional Information: Nomor Panggil : T.A 621.312 Dew a 2023
Subjects: TECHNOLOGY
TECHNOLOGY > Electrical engineering. Electronics. Nuclear engineering
Divisions: FAKULTAS TEKNIK > Teknik Elektro
Depositing User: Users 3690 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2023 10:14
Last Modified: 11 Dec 2023 03:45
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/12473

Actions (login required)

View Item View Item