Tampubolon, Hotner and Murniarti, Erni and Sinaga, Dameria and Tambunan, Witarsa and Simbolon, Bintang R. and Kailola, Lisa Gracia and Meriana, Tju (2023) Penguatan Manajemen Pendidikan Mendukung Program Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Kecamatan Silaean Kabupaten Toba Sumatera. Multidisciplinary National Proceeding, 1. pp. 46-53. ISSN 2987-047X
Text
PenguatanManajemenPendidikanMendukungProgramMerdeka.pdf Download (423kB) |
|
Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPenguatanManajemenPendidikanMendukungProgramMerdeka.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan di Indonesia mulai tingkat dasar, menengah dan pendidikan tinggi beradaptasi dengan masa endemi ini. Penyelenggaraan pendidikan dari semua jenjang tersebut dikelola oleh berbagai unsur yang mendukung tercapainya visi, misi dan tujuan yang ditentukan khususnya merdeka belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk implementasi dari bidang ilmu yang diajarkan dalam darma pengajaran dan juga untuk kepentingan penelitian dan publikasinya serta bagi para guru dan pimpinan pada Sekolah Dasar di Kecamatan Silaen Mendapatkan motivasi dan penyegaran dalam tata Kelola Pendidikan, tentang implementasi merdeka belajar. Adapun metode penelitian ini yaitu dengan melakukan penyuluhan penguatan manajemen pendidikan dan merdeka belajar serta melakukan evaluasi kegiatan dan dampak bagi sekolah dan dijadikan dasar dalam melakukan penguatan secara berkelanjutan. Evaluasi yang dilakukan melalui wawancara langsung dengan kepala sekolah untuk mendapatkan data. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa guru-guru dan siswa di sekolah dasar Kecamatan Silaean Kabupaten Toba Sumatera Utara sangat antusias dalam menerima penguatan manajemen pendidikan karena mereka mendapat gambaran terhadap manajemen pendidikan dikurikulum merdeka belajar ini. Antusias mereka dibuktikan dari respon mereka dengan pertanyaan lebih dalam tentang merdeka belajar. Untuk itu perlu suatu penguatan pendidikan di sekolah-sekolah yang belum berhasil jadi sekolah atau guru penggerak. Kata Kunci: Manajemen pendidikan, merdeka belajar / Education in Indonesia, starting from the elementary, secondary and tertiary levels, is adapting to this endemic period. The implementation of education at all levels is managed by various elements that support the achievement of the vision, mission and goals set especially for merdeka belajar. The purpose of this research was for the implementation of the fields of knowledge taught in the Dharma Teaching and also for research and publication purposes as well as for teachers and leaders at elementary schools in Silaen District to get motivation and refreshment in education governance, regarding the implementation of merdeka belajar. The method of this research was to carry out counseling or training to strengthen education management and merdeka belajar and evaluate activities and impacts on schools and serve as the basis for carrying out continuous strengthening. The evaluation was carried out through direct interviews with the school principal to obtain data. The results of this study found that teachers and students in elementary schools in Silaean District, Toba Regency, North Sumatra were very enthusiastic about receiving education management reinforcement because they got an overview of education management in this independent learning curriculum. Their enthusiasm was evidenced by their responses with deeper questions about independent learning. For this reason, it is necessary to strengthen education in schools that have not succeeded in becoming driving schools or teachers. Keywords: Education management, independent learning
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr Alexander Jeremia |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 09:56 |
Last Modified: | 17 Aug 2023 08:06 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/12039 |
Actions (login required)
View Item |