Rakasiwi, Putri Liani (2018) Efektivitas Penggunaan Puzzle dalam Mempelajari Penulisan Hànyŭ Pīnyīn pada Siswa Kelas X SMK Markus Tangerang. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarLampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (300kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (454kB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (475kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (664kB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (122kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (189kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya kenaikan nilai dalam mempelajari penulisan 汉语拼音 hànyŭ pīnyīn sebelum diterapkannya penggunaan media puzzle dan sesudah diterapkannya penggunaan media puzzle, (2) untuk mengetahui keefektifan pembelajaran penulisan hànyŭ pīnyīn dengan menggunakan media puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Markus Tangerang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random dan diperoleh kelas X AKL yang berjumlah 15 siswa. Validitas dan realibilitas instrumen di uji dengan menggunakan pengujian validitas konstruksi, untuk menguji validitas konstruksi, dapat digunakan pendapat para ahli (judgment expert). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Analisis data di atas menghasilkan nilai t-hitung sebesar 41,27 dengan db= 15 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 5%, dari db = 15 diperoleh t-tabel sebesar 2,13. Dengan demikian penggunaan media puzzle dalam mempelajari penulisan hànyŭ pīnyīn pada siswa kelas X SMK Markus Tangerang lebih efektif. Pada penggunan media puzzle memperoleh rata-rata 74 sedangkan yang tidak menggunakan media puzzle memperoleh rata-rata 48. Kata kunci: Efektivitas, puzzle, pīnyīn, kosakata bahasa Mandarin.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | EDUCATION | ||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Mandarin | ||||||||||||
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2023 09:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2023 09:09 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/11855 |
Actions (login required)
View Item |