Tandirenggo, Junita and Nadeak, Bernadetha and Kailola, Lisa Gracia (2022) Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 307 Panglion Kecamatan Rembon Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (6). pp. 4993-4998. ISSN 2685-936X
Text
PengaruhLingkunganKeluargaTerhadapPrestasiBelajar.pdf Download (273kB) |
Abstract
Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN 307 Panglion.penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan ex post facto. populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN 307 Panglion. Sampel penelitian ini sebanyak 13 responden. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara meyebarkan angket kepada orangtua siswa. Analisis menggunakan uji korelasi product moment,uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi linear sederhana.Instrument yang digunakan dalam proses penelitian yaitu menggunakan angket untuk memperoleh data tentang lingkungan keluarga dan nilai raport untuk mengetahui prestasi belajar siswa belajar. Analisis data pengujian untuk menguji hipotesis digunakan rumus anlisis regresi linear sederhana. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa r hitung > r tabel yaitu 0,837 > 0,553 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN 307 Panglion Kecamatan Rembon Kabupataen Tana Toraja. Kata Kunci: Lingkungan keluarga, Prestasi belajar. / The problem raised in this study is whether there is an influence of the family environment on the learning achievement of fourth grade students of SDN 307 Panglion. This research is included in the type of quantitative research and the type of research uses ex post facto. The population of this research is all grade IV students of SDN 307 Panglion. The sample of this research was 13 respondents. This data collection is done by distributing questionnaires to the parents of students. The analysis used the product moment correlation test, normality test, linearity test and simple linear regression test. The instrument used in the research process was using sim a questionnaire to obtain data about the family environment and the value of report cards to determine student learning achievement. Analysis of test data to test the hypothesis used a simple linear regression analysis formula. Hypothesis testing shows that r count> r table is 0.837> 0.553 Based on the results of the study it can be concluded that there is an influence between the family environment on the learning achievement of grade IV students of SDN 307 Panglion, Rembon District, Tana Toraja Regency. Keywords: Family environment, learning achievement
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 06:50 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 06:50 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/11563 |
Actions (login required)
View Item |