Kusuma, Vincentius A. M. and Sahabuddin, Zainal A. and Kennedy, Posma Sariguna Johnson (2022) Strategi Digital Marketing pada Usaha Mikro dan Menengah (UMKM) di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pendekatan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat. JURNAL CAFETARIA, 3 (1). pp. 24-35. ISSN 2721-0553
Text
StrategiDigitlMarketingPadaUsahaMikroDanMenengah.pdf Download (86kB) |
Abstract
Penelitian ini fokus pada pembahasan bagaimana peran digital marketing sebagai sebuah strategi pemasaran bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui konsep pemberdayaan ekonomi rakyat. Strategi ini sebagai langkah adaptasi untuk dapat bertahan dan bertransformasi menjadi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan di era revolusi industry 4.0 dan di masa pandemi Covid-19. Penulisan artikel ini menggunakan penelusuran terhadap literatur (buku, majalah, koran, jurnal, dan lain-lainnya) dan menafsirkannya secara objektif melalui analisis mendalam terhadap permasalahan. Penulisan dengan metode kualitatif dapat menunjukkan penafsiran yang merupakan produk atau konsekuensi logis dari data yang diperoleh selama penelitian. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa pemasaran produk secara digital memberikan kemudahan pelanggan memperoleh informasi suatu produk dan dapat bertransaksi berbasis internet. Penjual dapat memantau perkembangan pasar, memperoleh informasi mengenai kebutuhan dan keinginan calon pelanggan. Selain hal tersebut, pemasaran digital lebih efektif dan efisien tanpa perlu sering mobilisasi. Kata kunci: Digital Marketing, Covid-19, UMKM.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | SOCIAL SCIENCES > Personnel management. Employment management SOCIAL SCIENCES > Management |
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 05:22 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 11:50 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/10931 |
Actions (login required)
View Item |