Pansuri, Erica (2019) Pembentukan Personal Branding Wanita Perokok Dalam Menanggapi Stigma Buruk Dari Masyarakat. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
|
Text
Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB_I.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
||
Text
BAB_II.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
||
Text
BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
||
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
||
Text
BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
|
Text
Daftar_Pustaka.pdf Download (407kB) | Preview |
Abstract
Fenomena wanita perokok di era globalisasi sudah tidak jarang kita lihat di kalangan anak muda. Jumlah wanita perokok semakin meningkat setiap harinya, dengan peningkatan ini persepsi masyarakat terhadap wanita perokok mulai berubah. Pandangan masyarakat yang menganggap rokok sebagai hal yang tabu memengaruhi cara pandang mereka khususnya kepada wanita yang merokok. Hal ini yang menjadi perhatian khusus peneliti di mana tidak semua wanita perokok pantas untuk dipandang negatif oleh masyarakat. Peran penting personal branding dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa ada wanita perokok yang menjaga citranya dengan menunjukkan prestasi-prestasi dan potensi diri seperti wanita pada umumnya. Peneliti juga menggunakan Theory of Reasoned Action untuk melihat alasan-alasan apa saja yang digunakan agar masyarakat dapat memahami perilaku atau tindakan yang dilakukan oleh para wanita perokok tersebut. Sehingga akan terjawab pertanyaan penelitian bagaimana pembentukan personal branding wanita perokok dalam menanggapi stigma buruk dari masyarakat serta apa saja alasan-alasan dari tindakan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma kritis dalam metode penelitiannya. Teori Personal Branding menjadi acuan pertama penelitian ini dengan Theory of Reasoned Action yang dikembangkan oleh Martin Fishbein dan Icek Ajzen sebagai teori pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita perokok tidak semuanya buruk, beberapa diantara mereka ada yang memiliki prestasi dan mengembangkan potensi dirinya sama seperti wanita yang tidak merokok. Rokok tidak menjadi tolak ukur kepribadian seseorang, melainkan semua itu kembali kepada pribadi masing-masing. Stigma buruk terhadap wanita perokok harus diubah, penilaian tentang wanita perokok adalah ‘nakal’ sudah terlalu kuno. Kata Kunci: Personal Branding, Alasan Wanita Perokok, Tanggapan, Stigma The phenomenon of women smokers in the era of globalization is not uncommon we see among young people. The number of women smokers is increasing every day, with this increase in public perception of women smokers began to change. The views of people who consider smoking as a taboo affect their perspective, especially for women who smoke. This is a special concern of researchers in which not all women smokers deserve to be viewed negatively by the public. The important role of personal branding in this study aims to see that there are female smokers who maintain their image by showing their achievements and selfpotential like women in general. Researchers also use the Theory of Reasoned Action to see what reasons are used so that people can understand the behavior or actions taken by women smokers. So that research questions will be answered how the formation of female smoker personal branding in response to the bad stigma of society and what are the reasons for their actions. This study uses a qualitative approach and critis paradigm in its research methods. Personal Branding Theory is the first reference of this research with Theory of Reasoned Action developed by Martin Fishbein and Icek Ajzen as supporting theories. The results showed that women who smoke are not all bad, some of them have achievements and develop their potential just like women who don't smoke. Cigarettes do not become a benchmark for a person's personality, but all of that goes back to each individual. The bad stigma towards women smokers must be changed, the assessment of women smokers is 'naughty' is too old-fashioned. Keywords: Personal Branding, Women Smokers Reasons, Responses, Stigma
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | SOCIAL SCIENCES > Sociology SOCIAL SCIENCES > Sociology > Social psychology > Interpersonal relations. Social behavior |
||||||||
Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | Ms Sari Mentari Simanjuntak | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2020 07:37 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jan 2020 07:37 | ||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/1093 |
Actions (login required)
View Item |