Simbolon, Bintang R. (2022) Transformasi Pendidikan Abab 21. In: Prosiding Pengejawantahan Visi Misi dan Tujuan Jakarta. UKI Press, Jakarta, pp. 21-32. ISBN 978 623 6963 88 3
Text
TransformasiPendidikanAbad21.pdf Download (5MB) |
Abstract
Abad 21 ditandai sebagai abad keterbukaan atau abad globalisasi. Memasuki abad 21 kemajuan teknologi tersebut telah memasuki berbagai sendi kehidupan, tidak terkecuali bidang pendidikan. Pendidik dan peserta didik dituntut memiliki kemampuan belajar di abad 21 ini. Sejumlah tentangan dan peluang harus dihadapi oleh pendidik dan peserta didik agar dapat bertahan dalam abd yang dikenal dengan Transformasi pendidikan Abad 21. guru sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan pendidikan harus merubah paradigma yang tidak hanya berfokus kepada konten namun berfokus pula pada pengembangan kreatifitas dan keterampilan belajar mandiri. Di sinilah peran guru berubah sehingga menjadi lebih mentor, fasilitator, kolaborator sumber daya da mitra belajar. Guru harus menjemput penerapan model-model pembelajaran yang sesuai seperti beljar penemuan (discovery learning), pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kontekstual, bermain peran dan simulasi, pembelajaran kooperatif, maupun diskusi kelompok kecil. Kata kunci : transformasi pendidikan, guru, abad 21
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Ms Mentari Simanjuntak |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 07:53 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 07:53 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/10784 |
Actions (login required)
View Item |