Febritianti, Alrizni Nadia (2018) Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Keterangan Pengulangan 再 Zài dan 又 Yòu dalam Bahasa Mandarin pada Mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Kristen Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan (JDP), 10 (3). pp. 346-359. ISSN 2620 3952
Text
AnalisisKesalahanPenggunaanKataKeterangan.pdf Download (411kB) |
Abstract
Tulisan ini membahas tentang kesalahan penggunaan kata keterangan pengulanganå†zà i danåˆyòu dalam Bahasa Mandarin pada mahasiswa tingkat II prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Kristen Indonesia. Selain itu dibahas juga jenis-jenis kesalahan penggunaan kata pengulanganå†zà i danåˆyòu dan faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dari kuisioner yang telah diisi oleh 15 orang mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesalahan yang banyak terjadi adalah mahasiswa kurang memahami penggunaan kataåˆyòu. Faktor utama penyebab kesalahannya adalah mahasiswa yang bersangkutan sudah pernah belajar tetapi masih tidak memahami cara penggunaan kata keteranganå†zà i danåˆyòu dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar mahasiswa dibantu oleh pengajar untuk lebih meningkatkan pembelajaran tentang kata keterangan pengulanganå†zà i danåˆ agar pemahaman mahasiswa bisa lebih baik. Kata Kunci: Bahasa Mandarin, Kesalahan, Kata å† zà i dan åˆ yòu. / This paper analyzed the misuse of adverb repetition in words å† zà i and åˆ yòu done by Second Year Student of Chinese Language Education Study at Christian University of Indonesia (UKI). Furthermore, this paper also shows the types of errors in using words å† zà i and åˆ yòu and the factors that can trigger the misuse. This study use data from questionnaire that was voluntarily filled by fifteen participants of UKI college students.This study showed that the most common mistake often made by student were caused by the lack understanding of å† zà i and åˆ yòu usage in a sentence. Most of the students have studied the usage of word å† zà i and åˆ yòu but fail to implement it in a correct statement. As a result of this study, it is suggested for all second year students to be active in practicing adverb å† zà i and åˆ yòu in a sentence. Moreover, every teacher is expected to help students in improving the use of adverb å† zà i and åˆ yòu. Key Words: Chinese Language, Language Error, å† zà i and åˆ yòu
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 06:14 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 06:14 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/10523 |
Actions (login required)
View Item |