Edukasi Kesehatan Kepada Masyarakat Umum Dengan Menggunakan Metode Daring Tentang Kegawatdaruratan Positif Covid-19 Di SMAN 14 Jakarta

Sitorus, Erita and MRL, Adventus and Aritonang, Yanti Anggraini and Mahendra, Donni (2022) Edukasi Kesehatan Kepada Masyarakat Umum Dengan Menggunakan Metode Daring Tentang Kegawatdaruratan Positif Covid-19 Di SMAN 14 Jakarta. Jurnal Comunità Servizio, 4 (2). pp. 915-926. ISSN 2656 - 677X

[img] Text
EdukasiKesehatanKepadaMasyarakatUmum.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/cs/index

Abstract

Penanganan Kegawatdaruratan positif Covid-19 merupakan hal yang penting diketahui oleh masyarakat umum hal ini dikarenakan jumlah kematian akibat Covid-19 yang sangat tinggi. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang kegawatdaruratan positif Covid-19. Jumlah partisipan yang terlibat sebanyak 120 peserta. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diawali dengan pretest, pemaparan materi, sesi diskusi dan tanya jawab dengan menggunakan aplikasi zoom meeting, kemudian diakhiri dengan mengisi post test. Data univariat dan bivariat dianalisis dengan menggunakan uji t test berpasangan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan rata-rata responden secara signifikan pretest 72,06 dan post test 85,09 dengan signifikansi 0,00. Hal ini menujukkan bahwa penggunaan metode daring dapat meningkatkan pengetahuan responden terkait topik pendidikan kesehatan yang telah diberikan. Kesimpulan pelaksanaan pendidikan kesehatan dengan medode daring dapat meningkatkan pengetahuan responden. Diharapkan pelaksanaan pendidikan kesehatan dengan metode ini dapat dilakukan untuk memberikan informasi bagi responden yang terlibat. Kata Kunci: pengabdian kepada masyarakat, kegawatdaruratan, Covid-19 / Emergency handling of positive Covid-19 is important for the general public to know, this is because the number of deaths due to Covid-19 is very high. The purpose of this activity is to increase knowledge about Covid-19 positive emergencies. The number of participants involved as many as 120 participants. This community service activity begins with a pretest, material presentation, discussion and question and answer sessions using the Zoom meeting application, then ends with filling out a post test. Univariate and bivariate data were analyzed using paired t test. The results of this activity indicate that there is an increase in the average knowledge of respondents significantly pretest 72.06 and post test 85.09 with a significance of 0.00. This shows that the use of online methods can increase respondents' knowledge regarding the health education topics that have been given. The conclusion is that the implementation of health education using online methods can increase respondents' knowledge. It is hoped that the implementation of health education with this method can be carried out to provide information for the respondents involved. Keywords: community service, emergency, Covid-19

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
MEDICINE
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:52
Last Modified: 27 Feb 2023 04:53
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/10487

Actions (login required)

View Item View Item