Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru PAK Dengan Minat Belajar Pak Pada Peserta Didik Di SMK Cahaya Sakti Jakarta

Magdalena, Yesika (2019) Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru PAK Dengan Minat Belajar Pak Pada Peserta Didik Di SMK Cahaya Sakti Jakarta. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img]
Preview
Text
Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang seberapa besar hubungan antara kompetensi pedagogik guru PAK dengan minat belajar PAK pada peserta didik di SMK Cahaya Sakti Jakarata. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah peserta didik kelas X dan XI di SMK Cahaya Sakti Jakarta berjumlah 43 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional kuantitatif. Data-data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan distribusi frekuensi presentase. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan bentuk tabel. Dari hasil penelitian kedua variabel menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif namun tidak signifikan antara kompetensi pedagogik guru PAK dengan minat belajar PAK peserta didik di SMK Cahaya Sakti Jakarta hubungan antara kedua variabel tidak signifikan karena korelasinya rendah. Dengan kata lain bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nol (Ho) ditolak, hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,280 yang menunjukkan korelasi kedua variabel adalah termasuk pada kategori rendah, serta koefisien determinasi sebesar 0,078 yang menunjukkan variabel kompetensi pedagogik guru PAK memiliki hubungan dengan minat belajar PAK peserta didik sebesar 7,8% sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain seperti tidak tersedianya buku pelajaran PAK, faktor eksternal salah satunya adalah relasi siswa dengan siswa, dalam hal ini ketika siswa sedang mengalami masalah dengan temannya bisa menyebabkan siswa tersebut tidak berminat untuk mengikuti pelajaran PAK karena pasti bertemu dengan teman yang sedang bermasalah dengannya. Hal lain juga ditunjukkan dengan uji ANOVA atau Ftest, Fhitung sebesar 2,380 dengan sig = 0,134 > 0,05 artinya bahwa hubungan antara variabel X dengan Y positif. Berdasarkan tabel persamaan regresi koefisien menunjukkan bahwa nilai konstanta sebesar 47,577 dan koefisien kemiringan garis kompetensi pedagogik guru PAK sebesar 0,526X. Hubungan ini dapat dilihat dengan persamaan regresi dimana Ŷ= 47,577+0,526X, yang artinya apabila kompetensi pedagogik guru PAK semakin ditingkatkan akan membuat Minat Belajar PAK peserta didik di SMK Cahaya Sakti Jakarta naik satu tingkat secara statistik. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Guru PAK, Minat Belajar PAK, dan Peserta Didik This study aims to obtain information about how much the relationship between pedagogical competencies of PAK teachers and PAK learning interest in students in SMK Cahaya Sakti. In this study, the population was students of class X and XI at SMK Cahaya Sakti Jakarta totaling 43 people. The method used in this study is quantitative correlational methods. The data obtained were analyzed using percentage frequency distribution. The instrument used is a questionnaire with a table form. From the results of the study, the two variables showed that there was a positive but not significant relationship between the pedagogic competencies of PAK teachers and PAK students' interest in learning at SMK Cahaya Sakti Jakarta, the relationship between the two variables was not significant because of the low correlation. In other words, the alternative Hypothesis (Ha) is accepted and the null Hypothesis (Ho) is rejected, this is indicated by a correlation coefficient of 0.280 which shows the correlation of the two variables included in the low category, and the determination coefficient of 0.078 which indicates the PAK pedagogic competence variable has the relationship with students' PAK learning interest is 7.8% while the rest is influenced by other factors such as the unavailability of PAK textbooks, external factors one of which is the relationship between students and students, in this case when students are having problems with their friends can cause the students not interested in taking PAK lessons because they definitely meet with friends who are having problems with them. Another thing is also indicated by the ANOVA test or Ftest, F count is 2,380 with sig = 0,134> 0,05 which means that the relationship between variable X and Y is positive. Based on the regression equation coefficient table shows that the constant value is 47,577 and the slope coefficient of the PAK pedagogic competence line is 0,526X. This relationship can be seen in the regression equation where Ŷ = 47.577 + 0.526X, which means that if the PAK teacher's pedagogical competencies are increased, it will make the PAK Learning Interest of students in SMK Cahaya Sakti Jakarta rise one level statistically. Key Word : Pedagogic Competencies, PAK Teachers, PAK Learning Interests, and Students

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Special aspects of education > Moral and religious education > Moral education. Character building
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Ms Sari Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 19 Nov 2019 03:36
Last Modified: 19 Nov 2019 03:36
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/989

Actions (login required)

View Item View Item