Pengaruh Pendidikan Agama Kristen Terhadap Praktik Etika Bisnis Dalam Praksis Pajak, Riba dan Suap Pada Generasi Millennial

Sidharta, Juaniva (2022) Pengaruh Pendidikan Agama Kristen Terhadap Praktik Etika Bisnis Dalam Praksis Pajak, Riba dan Suap Pada Generasi Millennial. S3 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (278kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (507kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Praktik buruk dalam bisnis telah menjadi “fenomena” yang semarak. Demi keuntungan, seringkali nilai moral atau legalitas tidak dipedulikan, mengabaikan ajaran agama serta “menghalalkan” segala cara karena cintanya pada uang atau kekayaan (1 Timotius 6:10). Penyimpangan ini terjadi bukan hanya di kalangan orang di luar Kristen, namun terjadi pula pada kehidupan orang Kristen di masa kini. Fenomena ini menjadi suatu budaya yang menyimpang dari kebenaran Allah, bahkan di dalam menjalankan bisnis yang ada; ada image bahwa orang Kristen dianggap kurang cocok jika berkecimpung di dalam bisnis. Hal ini yang menjadi suatu tanda tanya bahwa sejauh mana keterlibatan orang Kristen dalam praktik bisnis dan bagaimana seharusnya bisnis yang sesuai dengan prinsip Alkitab. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh Pendidikan Agama Kristen terhadap praktik etika bisnis dalam praksis pajak, riba dan suap pada generasi millennial. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 191 responden generasi millennial serta melakukan pengambilan dan analisis data kuantitatif melalui google form untuk menggali informasi secara lebih mendalam kepada beberapa narasumber yang ditentukan secara purposive sampling serta kemudian melakukan analisis dan interpretasi, Untuk menganalisis penelitian ini, penulis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji mulitikolinieritas, uji heteroskedastisitas, Moderated Regression Analysis dan uji hipotesis dengan IBM Statistikal Package for the Social Sciences (SPSS) 25 untuk mempermudah mengolah data dalam menyelesaikan permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Kristen berpengaruh di dalam praktik etika bisnis yang dilakukan oleh generasi millennial dengan menggunakan religiusitas dan karakter millennial sebagai variabel moderasi serta variabel mediasi di dalam melakukan uji statistika. Di dalam penerapan praktik etika bisnis terhadap praksis pajak, riba dan suap berdasarkan hasil nilai adjusted R-square masing-masing bernilai 48,9% pajak, 14,1% riba dan 55,3% suap. Hal ini dapat juga disimpulkan bahwa variabel Pendidikan Agama Kristen mampu menjelaskan variabel praksis pajak, riba dan suap dan diharapkan ada pembekalan Pendidikan Agama Kristen yang terprogram untuk generasi millennial agar mereka memiliki keengganan dan rasa malu untuk melakukan tindakan tidak terpuji dalam praktik bisnis yang dilakukan. Kata kunci: Pendidikan Agama Kristen, praktik etika bisnis, generasi millen./ Bad practices in business has become phenomena priestly. For the benefit of, often values or legality, not followed religion and ignoring allowed anything in the love in money or wealth ( 1 timothy 6: 10 ).Of this is not only among the christian, outside but in to be a christian life today.This phenomenon to a culture that deviates from, god truth even in running a business that is, is image that christians are considered less match if. dabbling in business This is a question mark that the extent to which the involvement of christians in practice business and how to business in accordance with the principle of the bible. This study use of quantitative aims to analyse the extent to which the influence of education to practice christianity praksis, ethical business in tax interest and bribery In this research taken samples from 191 respondents millennial generation and take the quantitative data and analysis through google form to obtain information in greater depth to several speakers who were selected purposively sampling and then do analysis and interpretasiuntuk analyzing this study , the use writers the validity and reliability, the normality, the mulitikolinieritas, the heteroskedastisitas , moderated regression analysis, test hypotheses with IBM Statistikal Package For The Social Sciences ( SPSS ) 25 to assist in overcoming processing the data in this research. All this research shows that christian education influential in in practice the ethics of the business conducted by the millennials using religiousness and character millennial as variable moderation as well as variable mediation in test. StatistiksIn the application of business ethics in taxes, usury, and bribery for the millennials based on the value on both R-Square masing-masing worth 48,9 %, taxes 14,1 % usury and 55,3 % bribery. It can also be concluded that the christian education able to explain education variable variable praxis tax, usury and bribery and is expected to have a briefing education christianity that programmed to millennial generation so that they have an aversion and shame to initiate action off the mark in practice the business conducted. Keywords: Christian Education, business ethics, practices, millennials

Item Type: Thesis (S3)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSimatupang, PantjarUNSPECIFIEDpantjar.simatupang@uki.ac.id
Thesis advisorKolibu, Dirk RoyNIDN2307071967dirk.kolibu@uki.ac.id
Thesis advisorKia, A DanNIDN2313046902dan.kia@uki.ac.id
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Special aspects of education > Moral and religious education > Religion and education. Education under church control > Christian education. Church education
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA > Doktor Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 21 Dec 2022 08:02
Last Modified: 05 Jan 2023 06:06
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/9803

Actions (login required)

View Item View Item