Pendidikan Kristen Antisipatif-Transformatif: Revitalisasi Fungsi Didaskalia Untuk Ketahanan Pemuda Kristen Di EraTransnasionalisme

Sianipar, Desi and Sairwona, Wellem and Hasugian, Johanes Waldes and Zega, Yunardi Kristian and Ritonga, Nova (2022) Pendidikan Kristen Antisipatif-Transformatif: Revitalisasi Fungsi Didaskalia Untuk Ketahanan Pemuda Kristen Di EraTransnasionalisme. Dunamis: Jurnal Teonologi dan Pendidikan Kristiani, 6 (2). pp. 761-781. ISSN 25413945

[img] Text
PendidikanKristenAntisipatifTransformatif.pdf

Download (396kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPendidikanKristenAntisipatif.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Peerriview)
PeerriviewPenilaianArtikelPendidikanKristenAntisipatif.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/dunam...

Abstract

The radical transnational ideologies can easily attack and damage Christian youth in this digital era. The purpose of this study is to deliniate anticipatory-transformative Christian education and the significance of revitalizing the didaskalia function as the foundation for the Christian youth resilience in the transnationalism era. The method in this research was the literature study method. Through this research, it was found that the didaskalia function is very urgent to be revitalized in the context of the resilience of Christian youth in the midst of the swift currents of transnational ideology. As an anticipatory-transformative effort, Christian education seeks to develop an accommodative and contextual education model to build a strong foundation of Christian youth, which will enable them to face the complex life. Keywords: anticipatory-transformative; youth resilience; Christian Education; revitalization; transnationalism. /Ideologi transnasional yang bersifat radikal dapat dengan mudah menyerang dan merusak generasi muda Kristen pada era digital ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pendidikan Kristen antisipatif-transformatif dan pentingnya revitalisasi fungsi didaskalia sebagai pondasi ketahanan pemuda Kristen di era transnasionalisme. Metode dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa fungsi didaskalia semakin urgen untuk direvitalisasi dalam konteks ketahanan pemuda Kristen di tengah derasnya arus ideologi transnasional. Sebagai upaya antisipatif-transformatif, pendidikan Kristen berupaya mengembangkan model pendidikan yang akomodatif dan kontekstual dalam rangka membangun pondasi yang kuat dalam diri pemuda Kristen, yang memampukan mereka dalam menghadapi kehidupan yang kompleks. Kata Kunci: antisipatif-transformatif; didaskalia; ketahanan pemuda; pendidikan Kristen; revitalisasi; transnasionalisme

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION > Education (General)
Depositing User: Ms Rosaliana Wati
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:31
Last Modified: 03 Aug 2022 02:31
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8603

Actions (login required)

View Item View Item