PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA HUTAMA BEKASI

Putri, Debora Tri (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA HUTAMA BEKASI. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img]
Preview
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah terjadi pada siswa mengenai model pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang menjadikan siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Hutama Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu atau quasi experiment dan desain penelitian yang digunakan pre-test post-test control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel adalah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik sedangkan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah). Instrumen yang digunakan adalah soal tes yang diberikan sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan atau treament berupa soal fisika pokok bahasan gerak lurus dengan bentuk soal pilihan ganda sebanyak 16 soal. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 21 dengan uji t-test adalah diperoleh nilai thitung = 6,924 dibandingkan dengan daftar ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = 68 yaitu sebesar 2,0017 yang berarti thitung > ttabel (6,924 > 2,0017) sehingga Ha diterima dan disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Hutama Bekasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: EDUCATION
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Fisika
Depositing User: Ms Yenny Novalita Gultom
Date Deposited: 04 Mar 2019 07:27
Last Modified: 04 Mar 2019 07:27
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/680

Actions (login required)

View Item View Item