The Effect of Using English Songs as Teaching Media to Students’ Vocabulary Mastery at SMAN 2 Subang

Saiselar, Rachel K. (2018) The Effect of Using English Songs as Teaching Media to Students’ Vocabulary Mastery at SMAN 2 Subang. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img]
Preview
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Lagu Bahasa Inggis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan kosakata murid-murid kelas sebelas (XI). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest- posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid kelas XI SMA N 2 Subang, pada Tahun Ajaran 2017/2018. 2 dari tujuh kelas paralel diambil sebagai sampel penelitian, yaitu kelas XI MIPA1 dan XI IPS2 menggunakan teknik random sampling. Mereka diajarkan kosakata bahasa Inggris menggunakan lagu Bahasa Inggris untuk melihat efek dari media pembelajaran tersebut. Untuk mendapatkan data, pre-test dan post-test digunakan sebagai instrumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan teknik analisis statistik parametrik melalui program SPSS versi 24.00. Hasil uji normalitas menggunakan Shapiro -Wilk menunjukkan data berdistribusi normal dan hasil uji homogenitas menggunakan uji Levene menunjukkan varians bersifat homogen. Hasil penelitian ini adalah lagu Bahasa Inggis berpengaruh signifikan terhadap penguasaan kosakata murid-murid kelas sebelas. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan nilai rata-rata pre-test dan post-test, yaitu masing-masing 46.87 poin dan 65.33 poin. Selisihnya adalah 15.5 poin. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test, diperoleh nilai signifikan 0.00 lebih kecil dari nilai signifikan α yaitu 0,05. Temuan menunjukkan bahwa Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah lagu Bahasa Inggris berpengaruh signifikan terhadap penguasaan kosakata murid-murid kelas XI. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan agar guru menggunakan media lagu untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Kata Kunci: Metode Experimental, Lagu Bahasa Inggris, Penguasaan Kosakata

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: EDUCATION
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Ms Yenny Novalita Gultom
Date Deposited: 28 Feb 2019 08:54
Last Modified: 28 Feb 2019 08:54
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/678

Actions (login required)

View Item View Item