PENGARUH MEDIA PERMAINAN TRUTH AND DARE MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI EKOLOGI DI SMAN 2 CILEUNGSI

Pasaribu, Clavinzky Anggita (2018) PENGARUH MEDIA PERMAINAN TRUTH AND DARE MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI EKOLOGI DI SMAN 2 CILEUNGSI. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img]
Preview
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (742kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media permainan truth and dare dengan metode Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar. Penelitian ini menerapkan penelitian kuasi eksperimen, dengan dua kelompok yaitu kelompok kontrol menggunakan perlakuan Model Talking stick dan kelompok ekperimen yang menggunakan media permainan truth and dare dengan model Team Game Tournament (TGT). Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMAN 2 Cileungsi dengan sampel kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah masih-masing sebanyak 36 siswa, teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Uji coba instrumen dilakukan terhadap 106 siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Cileungsi. Uji normalitas diperoleh data signifikan kelas kontrol yaitu 0,380 sedangkan pretest kelas eksperimen sebesar 0,132. Nilai dikatakan normal karena nilai signifikan > 0,05, selanjutnya adalah uji homogenitas hasil uji homogenitas dari nilai pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen memperoleh nilai signifikan 0,384 sehingga nilai dikatakan homogen, karena 0,384 > 0,05. Pengumpulan data menggunakan nilai pretest dan posttest, dengan pengujian hipotesis yaitu uji t hasil uji sampel independent signifikan (2 tailed) posttest dikurang pretest kontrol dan eksperimen. Nilai signifikan diketahui thitung< ttable = 0.040 < 2,032 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima yang menyatakan terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen pada materi ekologi menggunakan media permainan truth and dare dengan metode TGT. Kata kunci: permainan truth and dare, team games tournament, talking stick, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: EDUCATION
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ms Yenny Novalita Gultom
Date Deposited: 26 Feb 2019 08:30
Last Modified: 26 Feb 2019 08:30
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item View Item