Using Letterland to Improve Royal Tots Academy Preschool Students’ Mastery of Letter Sounds

Uli, ElizaTiara (2018) Using Letterland to Improve Royal Tots Academy Preschool Students’ Mastery of Letter Sounds. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img]
Preview
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (740kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah letterland dapat meningkatkan penguasaan bunyi–bunyi huruf pada para siswa pra-sekolah secara efektif dan menyelidiki reaksi dari para siswa pra-sekolah dalam mengunakan letterland meningkatkan penguasaan bunyi-bunyi huruf. Penelitian ini dilakukan di Royal Tots Academy, Menteng, Jakarta Pusat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terhadap peserta penelitian yang merupakan 20 siswa pra-sekolah. Penelitian ini dilakukan pada saat term 4 tahun ajaran 2017/2018. Data didapatkan dengan melaksanakan test, melakukan pengamatan dan melaksanakan wawancara. Penemuan-penemuan di dalam penelitian ini adalah: letterland meningkatkan penguasaan bunyi-bunyi huruf terhadap para siswa pra-sekolah dan membuat para siswa merasa bahagia dalam mempelajari bunyi bunyi huruf. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil data kualitatif melalui hasil yang diperoleh dari pre-test, post-test siklus I dan post-test siklus II. Hasil yang membaik ditunjukan melalui nilai rata-rata. Nilai rata-rata di dalam pre-test adalah 60, sedangakan nilai rata-rata di dalam post-test siklus 1 adalah 63.5 dan nilai rata-rata post-test siklus II adalah 82.5. Persentasi kemajuan dalam menguasai bunyi-bunyi huruf dari pre-test, post-test siklus I sampai post-test siklus II terlihat jelas peningkatannya. Data kulitatif ditunjukan melalui pelaksanaan interview yang menunjukan adanya peningkatan minat para siswa dalam mempelajari bunyi-bunyi huruf di tiap siklus. Oleh karena itu, dalam mengajar para guru disarankan untuk menggunakan letterland dalam meningkatkan penguasaan bunyi-bunyi huruf. Kata Kunci: meningkatkan, penguasaan, bunyi-bunyi huruf, letterland

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: EDUCATION
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Ms Yenny Novalita Gultom
Date Deposited: 26 Feb 2019 03:32
Last Modified: 26 Feb 2019 03:32
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item