Pengembangan Ranah Afektif Kimia melalui Penyuluhan kepada Masyarakat

Simanjuntak, Familia Novita (2017) Pengembangan Ranah Afektif Kimia melalui Penyuluhan kepada Masyarakat. In: The 6th International Conference of The Indonesian Chemical Society (ICICS)., October 17th – 18th 2017, Palembang.

[img]
Preview
Text
Pengembangan Ranah Afektif Kimia melalui Penyuluhan.revisi.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (Peer_Review)
ReviewPengembanganRanahAfektifKimia.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penyuluhan biasanya dilakukan untuk memberi informasi kepada masyarakat dalam rangka peningkatan pengetahuan, keterampilan belajar yang sekaligus pembentukan karakter dan semangat ketika berinteraksi dalam masyarakat yang terlibat penyuluhan (Ibrahim, Thomas and Fine, 2003; van den Ban and Hawkins, 1999).. Mardikanto (1987) menyatakan bahwa penyuluhan dapat menumbuhkembangkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan termasuk pembangunan manusia yang sadar kimia. Kimia adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang susunan, sifat, dan reaksi suatu unsur atau zat. Kimia dikenal sebagai ilmu yang abstrak sehingga sering menimbulkan kebimbangan kimia (chemophobia) dan berdampak pada rendahnya minat belajar kimia pada siswa (Leong Suk Yee and Lay Yoon, 2014). Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari manfaat penyuluhan tentang kimia kepada masyarakat dalam pengembangan ranah afektif kimia pada mahasiswa sebagai penyuluh dan pada masyarakat sebagai peserta. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif yang menyajikan data secara deskriptif. Data penelitian berasal dari 159 peserta (siswa SMP, SMA, siswa PKBM, karang taruna) secara purposive random sampling. Penyuluhan mengembangkan ranah afektif pada mahasiswa dalam kisaran 40% - 71% mencakup mengklasifikasikan contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari yang relevan, memperjelas topik penyuluhan dan menanggapi melalui dialog dengan peserta, mempengaruhi dan meyakinkan peserta dengan memberi motivasi, dan membangun pendapat dalam bentuk kesimpulan-kesimpulan. Ranah afektif peserta yang dikembangkan mencapai 75% mencakup menerima materi penyuluhan yang disampaikan oleh mahasiswa, mengikuti arahan mahasiswa sebagai pemateri penyuluhan, membuat pertanyaan terkait topik penyuluhan dan meminati topik penyuluhan dengan mengambil manfaat dari penyuluhan. Penyuluhan tentang kimia kepada masyarakat dapat menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran dalam rangka pengembangan ranah afektif kimia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: SCIENCE > Chemistry
Depositing User: Mr. Admin Repository
Date Deposited: 11 Dec 2018 07:39
Last Modified: 24 Nov 2021 01:46
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item