Strategi Pemasaran Sekolah Dasar Pertiwi Abhilasa dalam Meningkatkan Jumlah Siswa

Sugitayasa, I Made (2019) Strategi Pemasaran Sekolah Dasar Pertiwi Abhilasa dalam Meningkatkan Jumlah Siswa. S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstrak.pdf

Download (639kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (386kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (292kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mengetahui penyebab SD Pertiwi Abhilasa kurang diminati calon peserta didik dari umat Beragama Hindu, (2) menganalisis strategi yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di Sekolah Dasar Pertiwi Abhilasa, dan (3) mengetahui evaluasi strategi pemasaran yang dilakukan SD Pertiwi Abhilasa Penelitian ini merupakanPenelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian deskriptif, bukan hanya bisa mendeskripsikan sesuatu keadaan saja, tetapi bisa juga mendeskripsikan keadaan dalam tahapan perkembangannya.Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Orang tuasiswa. Lokasi penelitian di Sekolah Dasar Pertiwi Abhilasa. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dengan trianggulasi sumber dan teknik. Adapun hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Analisis Pemasaran dilakukan dengan kegiatan menganalisis hasil pemasaran atau pencapaian tahun lalu meliputi strategi pemasaran yang digunakan media promosi. (2) Promosi yang dilakukan dengan media cetak, Open house dan media elektronik. (3) keberadaan sekolah ini yang berada di area tempat ibadah Umat Hindu menjadikan sekolah ini tidak begitu terlihat di masyarakat umum. (4) sarana dan prasarana yang ada di sekolah ini juga masih terbatas mengingat beberapa gedung dan ruangan yang seadanya dan dimanfaatkan semaksimal mungkin.Solusi yang ditawarkan adalah dengan melibatkan dan mengajak seluruh stakeholder sekolah Pertiwi Abhilasa dari siswa untuk ikut serta dalam kegiatan promosi. Kata kunci: Strategi, Pemasaran, Jumlah, Meningkatkan./This study aims to describe: (1) know the causes of Abtial Pertiwi Elementary School are less attractive to prospective students from Hinduism, (2) analyze the strategies carried out by schools in increasing the number of students in SD PertiwiAbhilasa, and (3) know the evaluation of strategies marketing conducted by SD Pertiwi Abhilasa This research is descriptive research. The approach used is a qualitative approach with descriptive methods. Descriptive research, not only can describe a situation, but can also describe the state in its developmental stage. The subjects of this study are the Principal and Parents students. The research location is in SD PertiwiAbhilasa. Data collection methods by interview, observation and documentation study. Test the validity of the data with triangulation of sources and techniques. The results of the study show the following. (1) Marketing Analysis is carried out by analyzing marketing results or achievements in the past year including marketing strategies used by promotional media. (2) Promotions are carried out with print media, open houses and electronic media. (3) the existence of this school which is in the area of Hindu worship places makes this school not so visible in the general public. (4) facilities and infrastructure in this school are also still limited, considering that some buildings and rooms are modest and utilized to the maximum extent possible. The solution offered is to involve and invite all stakeholders of the Pertiwi Abhilasa school from students to participate in promotional activities. Keywords: Strategy, Marketing, Amount, Increase.

Item Type: Thesis (S2)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSimbolon, Bintang R.NIDN320086508bintang.simbolon@uki.ac.id
Thesis advisorKailola, Lisa GraciaNIDN312097004lisa.gracia@uki.ac.id
Subjects: SOCIAL SCIENCES > Personnel management. Employment management
SOCIAL SCIENCES > Management
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 12 Aug 2021 09:38
Last Modified: 08 Oct 2024 11:04
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4765

Actions (login required)

View Item View Item