Kurniawan, Markus (2014) Efektivitas Program Pelatihan Guru Di SMAK Methodist-Jakarta. S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstrak.pdf Download (308kB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Download (89kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Download (25MB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
Abstract
Dalam sebuah organisasi termasuk organisasi pendidikan kesenjangan antara tuntutan kerja dengan kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki sering kali terjadi. Para guru dituntut untuk meningkatkan kemampuannya, baik dalam bidang pengajaran maupun metodenya. Kemajuan dalam bidang teknologi, adanya penemuan-penemuan di bidang ilmu pengetahuan, perkembangan dalam hal metode mengajar serta keberagaman para siswa di sekolah merupakan sebagian penyebab yang mengharuskan para guru meningkatkan kemampuannya. Kesenjangan tersebut jika tidak diatasi akan berdampak pada kinerja sekolah. Menurunnya kinerja akan merugikan berbagai pihak, bukan hanya para siswa dan orang tua siswa namun juga pihak sekolah sendiri. Salah satu bentuk kerugian yang dapat terjadi adalah menurunnya jumlah siswa yang mendaftarkan diri untuk bersekolah di sekolah tersebut. Salah satu upaya untuk mengatasi kesenjangan yang terjadi itu adalah melalui aktifitas pelatihan, khususnya kepada para guru. Pelatihan yang efektif akan mampu meningkatkan kinerja para guru sehingga akan mampu menghadapi berbagai tantangan yang ada. Pelatihan yang dapat meningkatkan kinerja harus dirancang dan dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kesungguhan dalam merancang dan melakukan sebuah pelatihan terlihat dalam perencanaan pelatihan, pengorganisasian, pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi yang dilakukan terhadap pelatihan tersebut. Selain itu sebuah kegiatan pelatihan akan dinilai efektif jika dapat menjembatani kesenjangan yang ada. Dalam penelitian ini, penulis menggali mengenai efektivitas program pelatihan yang dilakukan oleh SMAK Methodist Jakarta sebagai obyek penelitian. Dalam mendapatkan data yang diperlukan penulis menggunakan metode kualitatif, yaitu melalui wawancara, pengamatan serta melihat dokumen-dokumen terkait yang dimiliki sekolah. Kata Kunci: Efektivitas, Pelatihan, Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Monitoring dan Evaluasi Pelatihan./In an organization, including educational organization, a gap between the work demands and capabilities of its human resources is frequently happened. The teachers are required to improve their ability, either in the field of teaching or their methods. Technology advancement, discoveries in science, progress in methods of teaching as well as the student diversity in school, are partially the reasons of why teachers have to improve their abilities. If the gap is not resolved then it will have an impact on school performance. The decline in performance would be detrimental to all parties, not just the students and their parents, but also the school itself. One of the disadvantages that may occur is the decrease in the number of students who enroll to the school. One of the efforts to solve the gap that may occur is through the training activities, especially to the teachers. The effective training will be able to develop the performance, so that the teachers are able to face the existed challenges. It should be well-planned and be carried out in earnest. The sincerity in conducting a training is seen in its planning, organizing, implementation, monitoring, and evaluation. In addition, a training activity will be considered effective if it is able to bridge the gap. In this study, the author probes the effectiveness of training programs conducted by SMAK Methodist Jakarta as an object of research. The author obtains the necessary data using qualitative methods, namely through interviews, observation and some relevant documents owned by school. Keywords: Effectiveness, Training, Planning, Organizing Implementation, Monitoring and Training Evaluation.
Item Type: | Thesis (S2) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | EDUCATION > Theory and practice of education > Education and training of teachers and administrators > Teacher training in universities and colleges | ||||||||||||
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA > Magister Administrasi Pendidikan | ||||||||||||
Depositing User: | Ms Mentari Simanjuntak | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2021 07:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Aug 2021 07:44 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4752 |
Actions (login required)
View Item |