“Efektivitas Foto Berita Head Line Media Cetak Dalam Menarik Perhatian Khalayak” (Survey PADA : Pembaca LEPAS “Harian Seputar Indonesia”)

Paay, Natalia Carolina (2013) “Efektivitas Foto Berita Head Line Media Cetak Dalam Menarik Perhatian Khalayak” (Survey PADA : Pembaca LEPAS “Harian Seputar Indonesia”). S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarisiDaftarGambarDaftarTabelDaftarlampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (313kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (97kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)

Abstract

Dalam media cetak seperti koran terdapat foto berita headline yang merupakan elemen penting dalam menarik perhatian khalayak. Hal ini sesuai dengan perkembangan berita “jurnalisme visual” yakni elemen bahasa gambar dalam foto berita adalah bagian yang paling menarik bagi mata khalayak pembaca untuk tergerak melihat, memperhatikan, atau bahkan membeli media cetak tersebut, karena keindahan dan daya pikat foto berita. Penelitian ini menggunakan teori hirarki efek yang memberikan gambaran bahwa dampak atau hasil komunikasi yang terjadi pada seseorang setelah ia menerima sesuatu pesan akan menyangkut enam hal yakni : kesadaran (awareness), mengetahui (knowledge), menyukai (liking), memilih (preverence), meyakini (conviction), dan membeli (purchase), dan teori S-O-R atau “Stimulus Response” atau rangsangan tanggapan yaitu yang menjelaskan tentang pengaruh yang terjadi pada pihak penerima (receiver) sebagai akibat dari komunikasi. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan memakai instrument kuisioner (angket) guna mendapatkan data statistic dalam menggambarkan efektivitas foto berita headline. Artinya penulis menggunakan data lapangan untuk membuktikan sejau mana foto berita headline harian Seputar Indonesia dapat menarik perhatian serta mampu menggerakkan khalayak untuk membeli. Hasil peneliti menunjukan bahwa foto berita headline surat kabar Harian Seputar Indonesia efektif dalam menarik perhatian khalayak untuk melihat, membaca, juga membelinya. Kata Kunci : Efektifitas Foto Berita Headline, Media Cetak, Harian Seputar Indonesia A printed media is like a newspaper which has a headline news photos is the important elements in attracting public’s attention. It bases on the progress of the news “Visual Journalism” such as language and image elements in news photos are the most interesting things for the public or readers to see, notice, or even buy the printed media, it is because of beauty and allure of news photos. This research uses a hierarchy of effects theory which explains that the effect or the result of communication that occurs to anyone after accepting a message will concern in six things, there are: awareness (kesadaran), knowledge (mengetahui), liking (menyukai), preference (memilih), conviction (meyakini), and purchase (membeli), and S-O-R theory or “Stimulus Response” which explains the effect that occurs at receivers as the effect of communication. In addition, the research method uses quantitative descriptive by applying questionnaire for getting a statistic data in describing an effectiveness of the headline news photos. It means that the writer uses an observation data to prove how far the headline news photos Harian Seputar Indonesia can attract public’s attention to buy. The result of research shows that the headline news photos newspaper Harian Seputar Indonesia is effective to attract public to see, read, and buying it. Key words: Effectiveness Headline news photos, Printed Media, Harian Seputar Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWahyurudhanto, A.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorGinting, RinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: LANGUAGE AND LITERATURE > Philology. Linguistics > Communication. Mass media
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 02 Jul 2021 06:00
Last Modified: 02 Jul 2021 06:00
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4577

Actions (login required)

View Item View Item