Diversifikasi Media Massa Sebagai Strategi Ekspansi Media Group

Lase, Formas Juitan (2012) Diversifikasi Media Massa Sebagai Strategi Ekspansi Media Group. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi)
HalJudulAbstrakDaftarIsi.pdf

Download (408kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (254kB)
[img] Text (Lampiran)
Lamapiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan bagaimana proses terjadinya diversifikasi media massa di Indonesia khususnya media cetak ke media elektronik dan digital. Kasus yang diambil adalah strategi diversifikasi media massa yang digunakan oleh Media Group, yaitu Media Indonesia ke Metro TV dan media online; mediaindonesia.com dan metrotvnews.com. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengapa Media Group memilih diversifikasi sebagai strategi ekspansi dan bagaimana proses terjadinya diversifikasi tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekonomi politik media dan teori mediamorfosis. Dengan menggunakan pendekatan ekonomi politik kritis, data diperoleh melalui metode wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Group melakukan diversifikasi karena dilatarbelakangi oleh konsekuensi logis dari determinisme ekonomi untuk meraih keuntungan iklan dari peluang pasar baru, konsekuensi kepemilikan media yang menjadikan media sebagai instrumen agenda politik pemilik media, dan konsekuensi revolusi teknologi yang menciptakan peluang pasar yakni khalayak yang tersegmentasi akibat teknologi. Dari hasil temuan tersebut, penelitian ini mengungkapkan dampak politik dari diversifikasi unit Media Group di mana kepentingan pemilik media jelas tampak pada setiap pemberitaan Media Indonesia, Metro TV dan media onlinenya. Media tersebut dimanfaatkan untuk mengokohkan pengaruh pemilik media dalam membentuk opini publik atas pemberitaan-pemberitaannya. Sementara pada dampak ekonomi, Media Group karena tergolong korporasi dengan aset, iklan dan rating yang kecil maka belum menunjukkan sebagai ancaman monopoli pasar media. Kata Kunci: Diversifikasi, Spasialisasi, Ekonomi Politik Media, Media Group. Tebal Halaman: isi130 halaman, lampiran 60 halaman.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWahyurudhanto, A.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRio, Adde OrizaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: LANGUAGE AND LITERATURE > Philology. Linguistics > Communication. Mass media
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 12 Mar 2021 06:40
Last Modified: 12 Mar 2021 06:40
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4085

Actions (login required)

View Item View Item