Analisis Perbandingan Tingkat Reliabilitas pada Mass Rapid Trans Jakarta (MRT) Dan Bus Transjakarta

Ayawaila, Marisa Clara Priskilla (2019) Analisis Perbandingan Tingkat Reliabilitas pada Mass Rapid Trans Jakarta (MRT) Dan Bus Transjakarta. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarGambarDaftarTabel.pdf

Download (594kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (474kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (325kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (224kB)

Abstract

Bus Transjakarta merupakan sistem Bus Rapid Transit (BRT) yang pertama di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ini adalah upaya dari pemerintah untuk melakukan pengendalian kemacetan yang terjadi di Ibukota DKI Jakarta, namun belum sepenuhnya dapat mengurangi kemacetan. Untuk mengatasi hal itu pemerintah menambah moda berbasis rel yaitu MRT Jakarta tahap pertama yang dibangun dari Lebak Bulus sampai Bundaran HI sepanjang 15,7 Km yang terdiri dari 7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah tanah. MRT adalah upaya untuk mengurangi kemacetan dan diharapkan mampu memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke sarana transportasi umum tersebut sehingga mengurangi kemacetan jalan di kawasan Jabodetabek. Penelitian ini lebih fokus kepada reliabilitas antara Bus Transjakarta dan MRT dengan rute Blok M – Dukuh Atas. Metode deskriptif dan kuantitatif (Uji Statistik T-Student) digunakan untuk memperoleh dan mengolah data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tingkat reliabilitas dari MRT Jakarta masih dapat di toleransi kehandalannya karena masih berada dibawah batas toleransi 20% yaitu sebesar 2,46%, sedangkan tingkat reliabilitas dari bus Transjakarta dengan batas toleransi 20% setelah diteliti melebihi batas tolerasi sebesar 53% atau dengan kata lain tidak dapat diandalkan dari segi ketepatan waktu dan kecepatannya. Kata Kunci : Bus Transjakarta, MRT, Tingkat Reliabilitas, Waktu Tempuh dan Ketepatan waktu. The Transjakarta Bus is the first Bus Rapid Transit (BRT) system in Southeast Asia and South Asia. This is an effort from the government to control congestion that occurs in the Capital City of DKI Jakarta, but has not been able to fully reduce congestion. The Jakarta MRT was first built from Lebak Bulus to the 15.7 Km HI Round about consisting of 7 elevated stations and 6 underground stations. MRT is an effort to reduce congestion and is expected to be able to move private vehicles to public transportation facilities so as to reduce road congestion in the Greater Jakarta area. This research is more focused on the reliability between Transjakarta buses and MRT with Blok M - Dukuh Atas route. Descriptive and quantitative methods (Student T-Test Statistics) are used to obtain and process data. The results obtained from this study are the reliability level of the Jakarta MRT can still be obtained value added below 20% which is equal to 2.46%, while the reliability level of the Transjakarta Bus with a limit of 20% after adjusting to the tolerance limit of 53% or in others words are not reliable in terms of timeliness and speed. Key words: Transjakarta Bus, MRT, Level of Reliability, Travel Time and Punctuality.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTambunan, EfendyNIDN313026401UNSPECIFIED
Subjects: TECHNOLOGY > Engineering (General). Civil engineering (General) > Transportation engineering
Divisions: FAKULTAS TEKNIK > Teknik Sipil
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 10 Mar 2021 04:00
Last Modified: 10 Mar 2021 04:00
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4064

Actions (login required)

View Item View Item