Realistic Mathematics Education: Suatu Langkah Mendidik Berpikir Matematis

Natalia, Stevi (2017) Realistic Mathematics Education: Suatu Langkah Mendidik Berpikir Matematis. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10 (1). pp. 267-282. ISSN 1410 4695

[img]
Preview
Text
Realistic Mathematics Education_Stevi Natalia (Repaired).pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://repo.uki.ac.id

Abstract

Realistic mathematics education (RME) salah satu dari sekian banyak cara mengajar matematika yang mengangkat kehidupan sehari-hari sebagai titik awal dalam membangun konsep matematika. Tulisan ini didasarkan pada studi literatur dari berbagai tulisan ilmiah yang telah dipublikasikan melalui buku maupun jurnal ilmiah. RME ditemukan karena melihat banyaknya permasalahan matematika yang disebabkan karena peserta didik kurang memahami apa yang mereka pelajari dalam materi matematika. Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sangat jauh dari kehidupan sehari- hari manusia dan hampir tidak memiliki manfaat untuk dipelajari. RME memiliki lima prinsip yang mampu mengembalikan kembali pemikiran yang salah mengenai belajar matematika dan melihat betapa pentingnya mempelajari matematika dalam aktivitas sehari- hari manusia. Lima prinsip dalam RME, yakni 1) Penggunaan konteks, 2) Penggunaan model untuk matematisasi progresif, 3) Pemanfaatan hasil konstruksi peserta didik, 4) Interaktivitas, 5) Keterkaitan. Pembelajaran matematika yang menggunakan RME mampu menolong siswa semakin memaknai kelas pembelajaran matematika di sekolah.

Item Type: Article
Subjects: SCIENCE > Mathematics
Depositing User: Edi Wibowo
Date Deposited: 25 Oct 2018 09:03
Last Modified: 25 Oct 2018 09:03
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item View Item