Hubungan Antara Kompetensi Mengajar Dengan Profesionalisme Guru Di Yayasan Rumah Pengharapan Indonesia Jakarta-Utara

Wabang, Rut Aunung (2018) Hubungan Antara Kompetensi Mengajar Dengan Profesionalisme Guru Di Yayasan Rumah Pengharapan Indonesia Jakarta-Utara. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarLampiran.pdf

Download (700kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (341kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (129kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (408kB)

Abstract

Profesionalisme sangat berperan penting pada dunia pendidikan di mana seorang guru harus memiliki kompetensi mengajar yaitu kompetensi pedagogi, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi kepribadian ketika seorang guru memiliki keempat kompetensi tersebut dan menerapkan dengan baik maka guru tersebut adalah guru yang berprofesional, oleh karena itu Peningkatan Profesionalisme perlu dilakukan agar rencana strategis organisasi dapat dilaksanakan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti Hubungan Antara Kompetensi Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru di lingkungan Yayasan Rumah Pengharapan Indonesia dengan menggunakan metode survey dengan pendekatan kausal. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang guru yang bertugas di lembaga tersebut. Penelitian ini menghasilkan bahwa : terdapat hubungan secara positif Kompetensi mengajar terhadap Profesionalisme Guru dengan nilai F hitung adalah 117,465 dengan tingkat signifikansi atau probabilitas 0,000. Karena probabilitas (0,000) lebih kecil dari 0,05, maka variabel Kompetensi (X) mempunyai hubungan nyata terhadap variabel Profesionalisme (Y). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Mengajar mempunyai Hubungan terhadap Profesionalisme Guru. Hendaknya Yayasan Rumah Pengharapan Indonesia perlu memperhatikan Kompetensi Mengajar dan memperhatikan faktor lain yang dapat menunjang peningkatan Profesionalisme guru. Dengan demikian, Kompetensi Mengajar merupakan faktor penting dalam menentukan Profesionalisme Guru. Kata kunci : kompetensi Mengajar dan profesionalisme guru. Professionalism is very useful for the world of education where a teacher must have teaching competencies namely competence, competence, competence, and competence of employees who use these teachers and good teachers are professional teachers, therefore Professionalism needs to be improved so that the plan organizational strategy can be implemented properly. The purpose of this study is a comparative study between teaching competence on teacher professionalism in the indonesian hope house foundation by using a survey method with a causal approach. the sample in this study amounted to 40 teachers involved in the institution. This study yields that: There is a relationship between competence and competence with teacher professionalism with a value of 117.465 with a significance level or probability of 0.000. Because the probability (0,000) is smaller than 0.05, the Competency (X) variable has a significant effect on the variable Professionalism (Y). Based on this research, it can be concluded that Teaching Competency has a Relationship with Teacher Professionalism. The Yayasan Rumah Pengharapan Indonesia should pay attention to Teaching Competencies and adapt to others that can support the improvement of teacher professionalism. Thus, Teaching Competency is an important factor in identifying Teacher Professionalism. Keywords: Teaching competence and teacher professionalism.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTobing, E. HandayaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorGunawan, RonnyNIDN0309107701UNSPECIFIED
Subjects: PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Psychology
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:47
Last Modified: 10 Feb 2021 04:47
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3270

Actions (login required)

View Item View Item