KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DI SMP NEGERI 7 BEKASI

Purba, Santri Chintia (2020) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DI SMP NEGERI 7 BEKASI. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13 (3). 324 -334. ISSN 2620 3952

[img] Text
KEMAMPUANKOMUNIKASIMATEMATIKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Reviewer)
PeerReviewKemampuanKomunikasiMatematika.pdf

Download (58kB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan capaian yang sangat penting dalam pembelajaran matematika, dimana dapat menghantar siswa untuk berpikir kreatif, logis, dan kritis. Namun proses pembelajaran yang ada belum memfasilitasi peserta didik untuk memiliki kemampuan komunikasi matematis, salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran matematika yang bersifat konvensional, yaitu guru mendominasi pembelajaran. Model pembelajaran yang diimplementasikandalam untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 7 yaitu dengan quasi eksperimen. Data yang diperoleh adalah data pretes, postes dan gain. Data diolah dengan menggunakan uji statistik dua rerata yaitu uji t, diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran TTW dan model Ekspositori, yaitu dengan rata-rata sebesar 65,54 dan 51,02. Selanjutnya rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran TTW lebih tinggi daripada model pembelajaran Ekspositori, yaitu 55,60 dan 45,26. Selanjutnya peningkatan pada kelas TTW terdiri dari 49% tinggi, 44 % sedang dan 7% rendah sedangkan pada kelas Ekspositori peningkatannya terdiri dari 12 % tinggi, 71% sedang dan 17% rendah.

Item Type: Article
Subjects: SCIENCE > Mathematics
Depositing User: Edi Wibowo
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:46
Last Modified: 24 Mar 2021 05:57
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3269

Actions (login required)

View Item View Item