KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PEMBERDAYAAN GURU DALAM TRANFORMASI PENDIDIKAN 4.0

Yufita, and Sihotang, Hotmaulina (2020) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PEMBERDAYAAN GURU DALAM TRANFORMASI PENDIDIKAN 4.0. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13 (2). pp. 204-215. ISSN 2620 3952

[img] Text
TRANSFORMATIONALLEADERSHIPANDEMPOWERINGTEACHERS.pdf

Download (252kB)
[img] Text (Reviewer)
ReviewerKepemimpinanTransformasionalDanPemberdayaanGuru.pdf

Download (438kB)
[img] Text (Hasil Cek Turnitin)
TurnitinTRANSFORMATIONALLEADERSHIPANDEMPOWERINGTEACHERS.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/issue/view...

Abstract

Dalam artikel ini dibahas tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam revolusi industri 4.0. Artikel ini bertujuan memberikan gambaran kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan perannya memberdayakan guru memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik memiliki kompetensi abad 21. Artikel ini dikembangkan melalui studi literatur, menggunakan buku, regulasi, dan jurnal serta dokumen lain yang berkaitan. Hasil kajian menunjukkan kepemimpinan transformasional dalam transformasi pendidikan 4.0 menuntut kepala sekolah memiliki kompetensi diantaranya: (1) memiliki pengaruh yang ideal dapat menumbuhkan kepercayaan dan sikap hormat dari anggotanya, (2) memiliki kemampuan mengubah ekspektasi anggota dengan meningkatkan kepercayaan akan kemampuan mennguanakan teknologi dalam menyelesaikan permasalahan, (3) merangsang anggotanya untuk lebih inovatif, kreatif, (4) mempertimbangkan kebutuhan anggotanya untuk mengembangkan dirinya.

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION > Theory and practice of education
Depositing User: Edi Wibowo
Date Deposited: 27 Jan 2021 05:07
Last Modified: 29 Mar 2021 09:24
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3175

Actions (login required)

View Item View Item